Selulosa mikrokristalin berbasis sabut kelapa sebagai template untuk fabrikasi silika lapis tipis dan penerapannya dalam menghilangkan methylene blue dalam limbah cair

Wijanarko, Marvel Guntur and Widagdo, Antonius Jimmy (2022) Selulosa mikrokristalin berbasis sabut kelapa sebagai template untuk fabrikasi silika lapis tipis dan penerapannya dalam menghilangkan methylene blue dalam limbah cair. Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)). Faculty of Engineering, Surabaya. (Submitted)

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy

Abstract

Pewarnaan merupakan faktor penting dalam industri tekstil, peralatan, kertas, kosmetik dan percetakan dan kebutuhan tersebut semakin meningkat seiring dengan berkembangnya jaman sehingga pencemaran air meningkat salah satunya oleh senyawa methylene blue Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengolah limbah MB adalah metode adsorpsi. Pada penelitian ini, adsorpsi MB dilakukan dengan menggunakan adsorben berupa silika lapis tipis (SLT) dengan template selulosa mikro kristalin (MCC) dimana disintesis dari sabut kelapa. MCC yang dihasilkan memiliki bentuk batang dengan panjang 1-3 μm, dengan sudut difraksi 12,4º, 14,8º, 20,5º, 22,1º. Partikel MCC selanjutnya akan digunakan sebagai template SLT, yang disintesis menggunakan hidrolisa dan kondensasi tetraethyl orthosilicate (TEOS). SLT yang dihasilkan memiliki komposisi elemen berupa 47,91% Silika; 50,75% Oksigen dan 1,34% karbon dengan sudut difraksi 2θ pada 23,3o. Karakteristik tekstural SLT menunjukkan ukuran pori SLT adalah sebesar 8-13 nm (mesopori) dengan luas area spesifik sebesar 12,969 m2/g. Kapasitas maksimum MB yang dapat di adsorpsi oleh SLT sebesar 262,07 mg/g. Persamaan model kinetika adsorpsi yang sesuai menggunakan pseudo-second order, menunjukkan bahwa adsorpsi MB pada SLT dikontrol oleh adsorpsi secara kimia via ikatan hidrogen dan interaksi elektrostatik. Persamaan model adsorpsi isoterm yang paling mendekati adalah persamaan BET dan didapatkan adsorpsi MB, dimana jumlah lapisan yang didapatkan adalah 14,04 lapisan pada proses adsorpsi 40oC. Analisa persamaan Freundlich menunjukkan struktur SLT tidak heterogen. Sementara itu, analisa Temkin menunjukkan bahwa proses adsorpsi yang terjadi bersifat endotermis dan mekanisme adsorpsi yang terjadi adalah physiosorption/ion exchange. Analisa persamaan Dubinin- Radushkevinch juga menandakan bahwa tipe adsorpsi yang terjadi berjenis physiosorption/ion exchange. Nilai energi entalpi yang didapatkan pada lapisan pertama dan lapisan atas adalah 512,28 kJ/mol; 8,2 kJ/mol. SLT berbasis sabut kelapa merupakan adsorben yang menjanjikan untuk adsorpsi MB karena dapat digunakan kembali hingga 5 kali proses adsorpsi.

Item Type: Monograph (Working Paper (Laporan Penelitian Laboratorium (FT-Kimia)))
Department: S1 - Teknik Kimia
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Yuliana, Maria
NIDN0706078605
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Hartono, Sandy Budi
NIDN0726127601
UNSPECIFIED
Subjects: Engineering
Engineering > Chemical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Chemical Engineering Study Program
Depositing User: Users 10151 not found.
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:53
Last Modified: 27 Jun 2022 06:53
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29890

Actions (login required)

View Item View Item