Analisis kesalahan siswa SMK ST Bonaventura 1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe dimensi memahami informasi

Wardani, Yohana Dea (2022) Analisis kesalahan siswa SMK ST Bonaventura 1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau dari tipe dimensi memahami informasi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (812kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB 6.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa SMK St Bonaventura 1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau tipe dimensi memahami informasi, (2) mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa SMK St Bonaventura 1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau tipe dimensi memahami informasi, (3) mengetahui solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi kesalahan siswa SMK St Bonaventura 1 Madiun dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson ditinjau tipe dimensi memahami informasi. Tipe kesalahan dalam kriteria Watson adalah; tipe (1) data tidak tepat, tipe (2) prosedur tidak tepat, tipe (3) data hilang, tipe (4) kesimpulan hilang, tipe (5) konflik level respon, tipe (6) manipulasi tidak langsung, tipe (7) masalah hierarki keterampilan, tipe (8) kesalahan selain ketujuh tipe di atas. Dimensi memahami informasi menurut Myress-Briggs type indicator (MBTI) dibedakan menjadi dua tipe yaitu sensing dan intuition. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMK Santo Bonaventura 1 Madiun pada bulan Januari 2022. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, tes, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah: (1) kuisioner dimensi memahami informasi, (2) tes matematika pokok bahasan statistika, (3) wawancara. Dari hasil penelitian diperoleh kesalahan yang dilakukan siswa tipe sensing dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson adalah 26,17% kesalahan data tidak tepat, 45,23% kesalahan prosedur tidak tepat, 0% kesalahan data hilang, 45,23% kesalahan kesimpulan hilang, 4,77 kesalahan konflik level respon, 30,97% kesalahan manipulasi tidak langsung, 19,07% kesalahan masalah hierarki keterampilan, dan 21,43% kesalahan selain ketujuh kriteria Watson. Kesalahan yang dilakukan siswa tipe intuition dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson adalah 13,3% kesalahan data tidak tepat, 26,6% kesalahan prosedur tidak tepat, 0% data hilang, 33,3% kesalahan kesimpulan hilang, 6,7% kesalahan konflik level respon, 33,3% kesalahan manipulasi tidak langsung, 20% kesalahan masalah hierarki keterampilan, dan 6,7% kesalahan selain ketujuh kriteria Watson. Penyebab terjadinya kesalahan pada siswa adalah; (1) kurang memahami materi, bahasa dalam matematika, serta variabel variabel pada rumus matematika, (2) kurang teliti, (3) tidak memahami maksud soal, (4) terburu-buru, (5) kurang memahami cara penulisan langkah penyelesaian soal, (6) kurang memahami cara dan pentingnya menuliskan kesimpulan, (7) tidak menjawab soal dengan sistematis, (8) ragu-ragu, (9) kurang menguasai logika matematika, operasi dasar matematika, dan ide aljabar, (10) tidak memanajemen waktu dengan baik (11) kurang bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, (12) tidak percaya diri, (13) tidak belajar sebelum tes, (14) bingung menuliskan pemikirannya. Hipotesis solusi yang dapat diberikan untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan kriteria Watson menurut peneliti adalah sebagai berikut; (1) meningkatkan ketelitian, (2) banyak berlatih soal-soal matematika, (3) mempelajari lebih dalam terkait variabel variabel pada rumus matematika, makna kata dalam matematika, dan logika matematika, (4) mengecek kembali jawaban sebelum dikumpulkan, (5) berlatih menemukan makna soal cerita, (6) berlatih memanajemen waktu saat mengerjakan soal matematika, (7) membaca ulang soal sebelum membuat kesimpulan, (8) membiasakan diri menjawab soal matematika secara sistematis, rinci, dan logis (9) memperbanyak pengetahuan tentang matematika agar dapat mengasah intuisi, (10) mempersiapkan diri dengan baik dan serius saat mengerjakan soal tes matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Pendidikan Metematika
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Santoso, F. Gatot Iman
NIDN0728047501
fransimansantoso@gmail.com
Uncontrolled Keywords: Kesalahan kriteria Watson, dimensi memahami informasi
Subjects: Widya Mandala Catholic University on Madiun Campus > Faculty of Teacher Training and Education
Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > PSDKU - Mathematics Education Study Program
Depositing User: Users 10875 not found.
Date Deposited: 10 May 2022 02:52
Last Modified: 10 May 2022 02:52
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29921

Actions (login required)

View Item View Item