Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Mulyono, Julius and Angka, Peter R. (2011) Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari. In: Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri dan Kongres Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri (BKSTI) VI 2011, 5-6 Oktober 2011, USU Medan - ISBN: 978-602-99977-0-5.

[thumbnail of Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari] Text (Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari)
21p-Aplikasi_teknologi_otomasi_dalam_.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari_peer_review_] Text (Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari_peer_review_)
23p-R1&2-Aplikasi_teknologi_otomasi_dalam_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari] Text (Aplikasi Teknologi Otomasi dalam Kehidupan Sehari-hari)
21p-Aplikasi_teknologi_otomasi_dalam_Hasil Cek Similarity (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangao teknologi dan ilmu pengetahuao memberikao pengaruh yaog saogat besar dalam berbagai aspek kehidupao, yaitu terutama dalam mekaoisasi dan otomasi. Kemajuao tekoologi, terutama teknologi otomasi, dapat juga diterapkao dalam kehidupao sehari-hari, yaitu di luar penggunaao teknologi untuk iodustrialisasi. Pada umumnya, penggunaao teknologi di iodustri/perusahaao adalah berorientasi pada kepentiogao ekonomi. Hal ioi menyebabkao kemauao beriovestasi besar-besarao untuk pengembangao tekoologi. Teknologi yaog caoggih identik dengao biaya yaog mahal, sehiogga kemajuao teknologi seriogkali ''haoya" diaplikasikao di iodustri/perusahaao. Pada penelitiao ioi dilakukao desaio dan peraocaogao konsep penggunaao teknologi otomasi untuk diaplikasikao dalam kehidupao sehari-hari, bukao di lantai produksi perusahaao. Desaio tersebut bukao berkaitao dengao mesio-mesio produksi, namun berpadu dengao peralatao/perlengkapao rumah taogga. Aplikasi teknologi otomasi ioi tentu saja berbiaya relatif rendah. Hal ioi dilakukao dengao memaofuatkao komponen-komponen elektronika sederhaoa. Komponen-komponen tersebut diraogkai dengao logika sederhaoa, dipadukao dengao perlengkapao rumah tangga sehari-hari. Desaio yaog dihasilkao diharapkao bermaofuat dalam menguraogi usaha (kerja) mental/psikis dan fisik maousia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: perkembangan, teknologi, mekanisasi, otomasi, aplikasi, sehari-hari.
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Divisions: Proceeding
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 20 May 2022 02:02
Last Modified: 21 Feb 2023 06:37
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/29978

Actions (login required)

View Item View Item