Hubungan antara kecemasan dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya saat melakukan KRS online

Rosari, Fransisca Meyra Eva (2022) Hubungan antara kecemasan dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya saat melakukan KRS online. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (850kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (445kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa dibebaskan untuk memilih mata kuliah yang akan diambil dan hal ini tergantung tiap kebijakan kampus maupun fakultas karena pastinya setiap kampus dan fakultas memiliki kebijakan yang berbeda. Pada saat melakukan pengisian KRS online membuat mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS memiliki hambatan dan hal ini mengakibatkan mahasiswa memiliki kondisi emosional yaitu kecemasan saat KRS online berlangsung. Kecemasan yang dirasakan oleh mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS dapat dikelola dan dikurangi dengan memahami, mengenal, dan mengelola emosi yaitu dengan adanya kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kecemasan dengan kecerdasan emosional pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS saat melakukan KRS online. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 56 orang mulai dari angkatan termuda yaitu angkatan 2021 sampai angkatan atas yang masih berstatus aktif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat ukur kecemasan dirancang oleh peneliti dengan menggunakan aspek kecemasan milik Nevid (2018). Alat ukur kecerdasan emosional dirancang oleh peneliti dengan menggunakan aspek kecerdasan emosional milik Salovey (dalam Goleman, 1995). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kecemasan dan kecerdasan emosional dengan r = 0,414 (p ≤ 0,05). Kategorisasi kecemasan dominan berada pada kategorisasi sedang (54,4%). Kategorisasi kecerdasan emosional berada pada kategorisasi tinggi (60,7%). Adapun sumbangan efektif kecemasan pada kecerdasan emosional sebesar 0,608% sehingga kecemasan tidak memiliki pengaruh pada kecerdasan emosional pada mahasiswa Fakultas Psikologi UKWMS. Pada penelitian selanjutnya peneliti dapat mengambil data sesuai dengan situasi pada saat itu juga agar sesuai dengan fenomena yang diambil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sudagijono, Jaka Santosa
0721087302
jaka_s@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, Kecerdasan emosional, Mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 10937 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2022 09:02
Last Modified: 16 Jun 2022 09:02
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30221

Actions (login required)

View Item View Item