Hubungan antara persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA di Surabaya

Ramadhani, Zelia Fiqy (2022) Hubungan antara persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada dunia pendidikan para siswa berlomba-loma untuk mencapai prestasi, setiap siswa memiliki tujuan pada pendidikannya. Cara mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan motivasi belajar. Para siswa seharusnya memiliki motivasi belajar yang tinggi agar dapat mencapai tujuannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar ialah persepsi sense of humor terhadap guru, ketika mengajar di dalam kelas. Menurut Wahyuni (2017) guru yang memiliki sense of humor ketika sedang mengajar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena humor dapat menjauhkan siswa dari suasana membosankan, situasi yang menjenuhkan dan mencegah lamunan dari siswa, serta humor dapat menciptakan suasana yang menyenangkan serta memudahkan siswa untuk menyerap dan mengingat informasi yang di dengar pada saat pembelajaran berlangsung karena terdapat perasaan senang, namun hal ini tidak terlepas dari persepsi siswa itu sendiri terhadap sense of humor guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar pada siswa SMA yang melibatkan 110 subjek penelitian. Pengambilan data menggunakan skala sense of humor dan skala motivasi belajar. Hasil uji hipotesin Kendall’s Tau-b menunjukkan nilai r = 0,384 dengan nilai p = 0,00 (p<0,05). Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara persepsi sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa SMA. Semakin tinggi persepsi sense of humor guru akan semakin tinggi juga motivasi belajar pada siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Psikologi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Susilo, Dicky
NIDN0718067904
susilo_dicky@gmail.com
Uncontrolled Keywords: sense of humor guru, motivasi belajar, siswa SMA
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 10990 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:16
Last Modified: 21 Jun 2022 05:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item