Penetapan kadar flavonoid total ekstrak daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius Mill) dengan metode spektrofotometri UV-Vis

Fauziah, Hanisatun (2022) Penetapan kadar flavonoid total ekstrak daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius Mill) dengan metode spektrofotometri UV-Vis. Diploma thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy

Abstract

Tanaman pepaya jepang merupakan salah satu tanaman obat Indonesia yang kaya akan manfaat. Tanaman pepaya jepang berasal dari famili Euphorbiaceae, daunnya bermanfaat untuk mengurangi gejala diabetes, mencegah timbulnya kanker, dan mengatasi peradangan. Daun pepaya jepang memiliki kandungan zat besi, fenol, tanin, alkaloid, magnesium, saponin dan flavonoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan flavonoid pada daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius Mill) dan mengetahui kadar flavonoid total dari ekstrak daun pepaya jepang (Cnidoscolus aconitifolius Mill) dengan metode Spektrofotometri UV-Vis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode penelitian non eksperimental deskriptif. Daun pepaya jepang muda dan tua diekstraksi menggunakan metode maserasi dengan pelarut etanol 70% dan dipekatkan dengan rotary evaporator pada suhu 50ºC. Uji kualitatif dilakukan dengan reagen HCl pekat dan serbuk magnesium yang menunjukkan daun pepaya jepang muda dan tua positif mengandung flavonoid. Uji kuantitatif dilakukan dengan pembuatan baku seri quersetin yaitu 5 ppm, 10 ppm, 15 ppm, 20 ppm, dan 25 ppm yang diukur kadarnya menggunakan metode spektrofotometri Uv-Vis pada panjang gelombang maksimum 425 nm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daun pepaya jepang tua mengandung kadar flavonoid yang lebih tinggi yaitu 1,6296% b/b QE sedangkan kadar flavonoid daun pepaya jepang muda lebih rendah yaitu 1,0838% b/b QE. Uji statististika SPSS 25 dengan uji Independent Samples Test terdapat nilai sig yaitu 0,017 sehingga tidak terdapat perbedaan kadar flavonoid yang signifikan antara daun pepaya jepang muda dan daun pepaya jepang tua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Department: D3 - Farmasi
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Sumadji, Angga Rahabistara
NIDN0708088701
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Indriasari, Christina
NIDN0726088302
UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Daun pepaya jepang, flavonoid, spektrofotometri, UV-Vis
Subjects: Pharmacy
Divisions: Faculty of Mathematics and Natural Sciences > PSDKU - Pharmacy Diploma Study Program
Depositing User: Users 11136 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2022 10:12
Last Modified: 25 Jul 2022 10:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30619

Actions (login required)

View Item View Item