Pendidikan sebagai fungsi sosial menurut John Dewey dalam Bab II buku democracy and education

Rajasa, Rakha Muchamad (2022) Pendidikan sebagai fungsi sosial menurut John Dewey dalam Bab II buku democracy and education. Undergraduate thesis, Widya Mandala Surabaya Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (381kB)

Abstract

Pendidikan di Indonesia saat ini banyak sekali permasalahan, yaitu dari para guru yang dalam pembelajarannya kurang inovatif dan hanya terpaku dengan buku diktat atau buku paket semata, sehingga pembelajaran yang terjadi di dalam kelas bersifat statis, lalu kemampuan membaca, matematika dan ilmu pengetahuan yang rendah, dan juga pendidikan yang belum relevan dengan kehidupan dan dunia kerja. Dengan melihat berbagai permasalahan saat ini, amanat Undang-Undang No. 20 tahun 2003, sulit untuk diwujudkan. Di dalam “Pendidikan Sebagai Fungsi Sosial Menurut John Dewey Dalam Bab II Buku Democracy and Education”, penulis akan mengajak pembaca untuk menyelami pendidikan dalam kerangka pemikiran John Dewey yang bersumber pada lingkungan sosial dan juga akhirnya bertujuan kepada lingkungan sosial itu sendiri. Tujuan penulisan skripsi ini adalah mampu menjawab rumusan masalah itu sendiri dan mencari relevansinya dalam pendidikan masyarakat Indonesia. Penulis ingin memberikan penjelasan yang baik tentang Pendidikan Sebagai Fungsi Sosial Menurut John Dewey Dalam Bab II Buku Democracy and Education dan menemukan relevansinya. Skripsi ini juga bertujuan untuk memenuhi syarat kelulusan program S-1 Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya. Penulis akan menggunakan jenis data penelitian kualitatif. Penulis akan melakukan studi pustaka terhadap karya John Dewey yang berjudul Democracy and Education dan secara khusus bab II buku tersebut, yang merupakan sumber primer dari penulis. Penulis akan menjelaskan isi teks dalam buku tersebut dengan dibantu oleh buku-buku pendukung lainnya. Penulis akan menginterpretasikan teks-teks yang ada di dalam buku Democracy and Education, secara khusus di dalam bab II. Penulis akan membaca dan menangkap arti, nilai, dan maksud John Dewey menulis tentang pendidikan sebagai fungsi sosial. Melalui penelitian yang dilakukan oleh penulis, penulis menemukan bahwa lingkungan sosial merupakan hal yang sangat mendasar dari manusia. John Dewey mengatakan bahwa makhluk hidup (manusia) yang aktivitasnya berhubungan dengan orang lain, memiliki lingkungan sosial. Bagi John Dewey lingkungan sosial juga akhirnya menjadi sarana edukatif bagi manusia. Di dalam lingkungan sosial masing-masing, manusia akan belajar banyak hal, mulai dari bahasa, tingkah laku, hingga sopan santun, membuat manusia dapat menjadi bagian di dalam lingkungannya tersebut. Bagi John Dewey, sekolah merupakan contoh khas lingkungan yang dibingkai dengan referensi tegas untuk mempengaruhi disposisi mental dan moral para anggotanya. Sekolah juga memiliki tiga fungsi, yaitu memberikan pendidikan secara bertahap, menghilangkan ciri yang menjadi pengaruh pada kebiasaan mental, serta menyeimbangkan berbagai unsur di dalam lingkungan sosial dan mengusahakan setiap individu mendapatkan kebebasan untuk lepas dari keterbatasan kelompok sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: S1 - Filsafat
Contributors:
Contribution
Contributors
NIDN / NIDK
Email
Thesis advisor
Ryadi, Agustinus
NIDN0708086401
ryadi@ukwms.ac.id
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, pengetahuan, lingkungan sosial, sekolah, pengalaman, manusia
Subjects: Philosophy
Divisions: Faculty of Philosophy
Depositing User: Users 11150 not found.
Date Deposited: 25 Jun 2022 02:19
Last Modified: 25 Jun 2022 02:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30654

Actions (login required)

View Item View Item