Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa

Febriana, Ivana and Simanjuntak, Ermida (2021) Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa. Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa, 9 (2). pp. 144-153. ISSN 2252-7702

[thumbnail of Self  regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa] Text (Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa)
15-Self_regulated_learning_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Self  regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa_peer_review_] Text (Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa_peer_review_)
18-R1&2-Self_regulated_learning_.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Self  regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa] Text (Self regulated learning dan stres akademik pada mahasiswa)
15-Self_regulated_learning_dan_stress_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stres akademik merupakan respons individu terhadap kejadian yang menekan ketika menghadapi tuntutan akademik yang mempengaruhi fisiologis, kognitif, emosi, dan perilaku dari individu tersebut. Faktor yang diduga berhubungan dengan stres akademik pada mahasiswa adalah self regulated learning. Self regulated learning merupakan cara individu untuk melakukan pengaturan diri yang melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku guna mencapai tujuan belajarnya. Mahasiswa yang memiliki self regulated learning yang tinggi cenderung melakukan melakukan evaluasi, menjaga motivasi, menyusun rencana dan strategi belajarnya, serta berinisiatif mencari informasi mengenai materi perkuliahan jika mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 134 mahasiswa tingkat menengah yaitu mahasiswa tahun kedua dan tahun ketiga di Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala stres akademik dan skala self regulated learning. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara stres akademik dan self regulated learning pada mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki self regulated learning yang baik akan memiliki stres akademik yang rendah. Saran yang dapat diberikan adalah kampus dapat membantu mahasiswa memberikan program-program pengelolaan self regulated learning sehingga mahasiswa dapat mengendalikan stres akademik yang mereka miliki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: stres akademik, self regulated learning, mahasiswa.
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:23
Last Modified: 01 Aug 2022 04:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30878

Actions (login required)

View Item View Item