Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x

Feliarosa, Dorothea Diana and Simanjuntak, Ermida (2021) Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x. Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x, 9 (1). pp. 63-70. ISSN 2252-7702

[thumbnail of Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x] Text (Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x)
14-Self_regulated_learning_dan_prestasi_.pdf

Download (620kB)
[thumbnail of Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x_peer_review_] Text (Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x_peer_review_)
17-R1&2-Self_regulated_learning_dan_prestasi_.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x] Text (Self regulated learning dan prestasi belajar matematika pada siswa smalb/b x)
14-Self_regulated_learning_dan_Hasil Cek Similarity.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa tunarungu dapat mengalami kesulitan untuk belajar khususnya pada pelajaran Matematika. Prestasi belajar matematika adalah pencapaian yang dapat diamati yang berhubungan dengan proses belajar matematika. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang berpengaruh pada prestasi belajar matematika adalah self regulated learning (SRL). SRL adalah kemampuan peserta didik untuk mengaktifkan dan memfokuskan pikiran, perasan, tindakan serta melakukan perencanaan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara SRL dengan prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu di SMALB/B X. Subjek penelitian adalah 37 siswa tunarungu di SMALB/B X. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur SRL adalah skala self regulated learning dan prestasi belajar dinilai melalui nilai ulangan harian dan nilai ujian tengah semester. Hasil penelitian menunjukkan r = 0,585 (p<0.05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara self regulated learning (SRL) dengan prestasi belajar matematika pada siswa di SMALB/B X. Sekolah disarankan untuk dapat merancang program yang dapat engembangkan self regulated learning siswa sehingga prestasi belajar matematika siswa dapat meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self regulated learning, prestasi belajar matematika, siswa tunarungu
Subjects: Psychology
Divisions: Journal Publication
Depositing User: F.X. Hadi
Date Deposited: 04 Jul 2022 03:46
Last Modified: 15 Aug 2022 09:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/30880

Actions (login required)

View Item View Item