Prestasi belajar Bahasa Inggris dan sikap terhadap Bahasa Inggris pada siswa SMA

Sumarto, Elisa (2009) Prestasi belajar Bahasa Inggris dan sikap terhadap Bahasa Inggris pada siswa SMA. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelajaran bahasa Inggris merupakan pelajaran yang sangat penting di era globalisasi ini. Oleh karena itu maka pelajaran ini merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di sekolah. Kemajuan siswa dalam belajar dimana siswa menunjukkan prestasinya dapat dilihat dalam prestasi belajar siswa. Prestasi belajar dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu faktor internal dan ekternal. Salah satu faktor internal adalah sikap. Sikap merupakan faktor internal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Sikap siswa adalah kecenderungan untuk bereaksi secara positif (menerima) atau negatif (menolak) suatu obyek itu sebagai sesuatu yang berharga bagi dirinya. Sikap siswa dalam kegiatan pembelajaran mempunyai peran yang cukup dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Seorang siswa yang memiliki sikap positif pada pelajaran akan berupaya secara maksimal untuk membiasakan belajar dengan baik. Sikap yang demikian dapat mendorong siswa untuk melakukan yang terbaik demi mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Sikap yang positif terhadap pelajaran Bahasa Inggris dapat memberikan pengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam mencapai prestasi belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap terhadap bahasa Inggris dengan prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa SMA. Subjek penelitian (N=157) adalah siswa kelas 2 SMA yang bersekolah di SMAK Santa Agnes. Teknik pengambilan sampel untuk menentukan kriteria subjek menggunakan teknik total population study. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi Kendal tau-b, yang dilakukan dengan bantuan SPSS For Windows Versi 15.00. Dari perhitungan diperoleh hasil koefisien korelasi rxy = 0.159 dengan p = 0.004 (p < 0.05), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi kesimpulannya ada hubungan positif yang signifikan antara sikap terhadap bahasa Inggris dan prestasi belajar bahasa Inggris pada siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sikap, prestasi belajar, bahasa Inggris.
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 04:03
Last Modified: 13 Oct 2015 04:03
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/3350

Actions (login required)

View Item View Item