Sikap terhadap perencanaan karir pada siswa SMA ditinjau dari pemanfaatan Layanan Bimbingan Karir di sekolah

Febrina, Susan (2008) Sikap terhadap perencanaan karir pada siswa SMA ditinjau dari pemanfaatan Layanan Bimbingan Karir di sekolah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Minimnya informasi tentang pendidikan tinggi dan jenis-jenis pekerjaan yang diperoleh siswa SMA di sekolah dapat mengakibatkan kekurangsiapan remaja mengambil sikap untuk melakukan perencanaan karir. Sikap terhadap perencanaan karir adalah keyakinan seseorang dan seluruh kognisi yang dimiliki seseorang mengenai fakta, pengetahuan, dan keyakinan mengenai perencanaan karir, yang mencakup perasaan atau emosi, yang melibatkan perasaan senang dan jengkel serta perasaan emosional lain sebagai akibat atau hasil dari proses evaluatif yang dilakukan, dan akhirnya memunculkan kesiapan seseorang untuk bertindak terhadap perencanaan karir yang melibatkan proses pertimbangan akan keterampilan, minat, pengetahuan, motivasi, dan karakteristik yang akan dilalui oleh seseorang untuk mengidentifikasi tujuan karir dan akhirnya mengambil langkah untuk memperoleh karir. Selain itu sikap terhadap perencanaan karir merupakan suatu pendorong internal yang mendorong seseorang untuk dapat merencanakan atau melakukan sesuatu hal pada karirnya di masa yang akan datang, maka dari itu sikap seseorang akan mempengaruhi apakah ia akan melakukan perencanaan karirnya atau tidak. Sikap terhadap perencanaan karir juga dipengaruhi oleh banyak hal termasuk pemanfaatan layanan bimbingan karir. Dengan memanfaatkan layanan bimbingan karir di sekolah maka seorang anak dapat memiliki sikap yang positif sebaliknya jika siswa tidak memanfaatkan layanan bimbingan karir maka sikap yang muncul adalah sikap negatif. Subjek penelitian (N=80) adalah siswa SMA St. Louis 1 Surabaya dan SMA St. Agnes Surabaya, kelas 3 SMA. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan skala sikap. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik non parametrik, yaitu U-Mann Whitney Test. HasH analisis memperoleh nilai Z sebesar -6.494 dan p = 0.000 (p< 0.05) yang berarti hipotesis diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sikap terhadap perencanaan karir yang sangat signifikan ditinjau dari pemanfaatan layanan bimbingan karir. Sumbangan efektif pada variabel pemanfaatan layanan bimbingan karir adalah 42.17%. Bagi yang ingin melakukan penelitian lanjutan dapat dipikirkan untuk mencari subjek yang lebih banyak lagi tidak hanya jurusan IPS sehingga dapat digeneralisasikan lebih luas, selain itu peneliti lanjutan dapat melihat faktor lain selain faktor pemanfaatan layanan bimbingan karir, antara lain pengaruh media massa, pengaruh orang lain, ataupun pengaruh lingkungan sekitar subjek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perencanaan karir, pemanfaatan layanan bimbingan karir
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2015 07:27
Last Modified: 06 Oct 2015 07:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item