Kecemasan menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) ditinjau dari persepsi terhadap dukungan orangtua dan prestasi belajar mata pelajaran UASBN pada siswa SD

Olivia, Ruth (2009) Kecemasan menghadapi Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) ditinjau dari persepsi terhadap dukungan orangtua dan prestasi belajar mata pelajaran UASBN pada siswa SD. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (784kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagaimana ujian pada umumnya, UASBN mendatangkan kecemasan pada siswa tidak terkecuali siswa SD. Kecemasan ini muncul karena UASBN merupakan penentu kenaikan status siswa. Kecemasan siswa dalam menghadapi UASBN disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah persepsi terhadap dukungan orangtua dan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dan prestasi belajar dengan kecemasan dalam menghadapi UASBN pada siswa SD dan tujuan khususnya adalah (a) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan kecemasan dalam menghadapi UASBN pada siswa SD, (b) untuk mengetahui apakah ada hubungan antara prestasi belajar dengan kecemasan dalam menghadapi UASBN pada siswa SD. Subjek penelitian ini (N=43) adalah siswa SDK Santa Maria kelas VI SD yang akan menghadapi UASBN. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan korelasi non parametrik kendall’s tau-b. Berdasarkan analisis data, hipotesis mayor tidak dapat dianalisa dikarenakan uji normalitas dan uji linieritas tidak terpenuhi. Untuk hipotesis minor, korelasi antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan kecemasan diperoleh hasil koefisien korelasi rxy sebesar -0.158 dengan nilai p sebesar 0.144 (p>0.05), yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi terhadap dukungan orangtua dengan kecemasan dalam menghadapi UASBN. Sedangkan untuk variabel prestasi belajar dengan kecemasan diperoleh hasil koefisien korelasi rxy sebesar -0.43 dengan nilai p sebesar 0.690 (p>0.05) yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar dengan kecemasan. Tidak adanya hubungan yang signifikan antara variabel bebas dan variabel tergantung tersebut disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya terdapat faktor- faktor lain yang mempengaruhi kecemasan seperti kecerdasan emosional dan self efficacy. Selain itu kemungkinan hasil analisis data yang diperoleh akan berbeda, apabila prestasi belajar dilihat dari nilai tryout UASBN.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, persepsi terhadap dukungan orangtua, prestasi belajar
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 04:12
Last Modified: 13 Oct 2015 04:12
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item