Prestasi belajar matematika dan sikap terhadap matematika pada siswa SMU SLB/B Karya Mulia Surabaya

Novia, Merry (2009) Prestasi belajar matematika dan sikap terhadap matematika pada siswa SMU SLB/B Karya Mulia Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (533kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan pelajaran yang penting dipelajari oleh siswa tunarungu di tingkat SMU. Materi matematika yang dipelajari siswa tunarungu sedikit berbeda dengan siswa berpendengaran normal dimana materi tersebut sangat aplikatif. Inti tujuan pengajaran matematika yaitu agar para siswa tunarungu dapat menyelesaikan permasalahan sehari-hari secara mandiri dalam masyarakat. Oleh karena itu, idealnya para siswa tunarungu di tingkat SMU menguasai matematika akan tetapi terdapat 30,5% siswa memperoleh nilai matematika yang kurang baik (dibawah nilai 6,5). Penelitian ini hendak mengetahui faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tunarungu dari segi internal. Faktor internal dibagi menjadi dua yaitu pertama, faktor fisiologis. Secara fisiologis, jelas bahwa siswa mengalami keterbatasan dalam indera pendengaran yang mempengaruhi proses menerima pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru di kelas. Kedua, faktor psikologis. Secara psikologis, faktor sikap siswa yang diteliti karena pengukuran sikap berdasarkan 3 aspek yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Setiap siswa tunarungu memiliki perbedaan pada masing-masing aspek sehingga menampakkan prestasi belajar matematika yang berbeda pula. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara sikap terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika. Subjek penelitian (N=36) adalah siswa SMU SLB/B Karya Mulia kelas I,II,III. Penelitian ini menggunakan total population study. Pengumpulan data variabel sikap terhadap matematika dengan menggunakan skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi Kendall’s tau_b, yang dilakukan dengan bantuan SPSS For Windows Versi 17. Hasil koefisien korelasi rxy=-0.246 dengan p=0.059 (p>0.05), yang berarti tidak ada hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa apabila mengetahui sikap siswa, tidak berarti dapat mengetahui secara pasti perilaku siswa. Secara deskriptif diperoleh hasil bahwa sebagian besar subjek memiliki sikap terhadap matematika dalam kategori netral (40%) dan prestasi belajar matematika dalam kategori cukup baik (40%). Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk memperhatikan faktor-faktor lain yang mempengaruhi sikap dan prestasi belajar, perbaikan alat ukur, dan pelaksanaan penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sikap terhadap matematika, prestasi belajar matematika
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 06:14
Last Modified: 13 Oct 2015 06:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item