Sumbangan Paulo Freire bagi pendidikan di indonesia

Septiadi, Dominicus Mardiyatto Rudi (2013) Sumbangan Paulo Freire bagi pendidikan di indonesia. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Karya ilmiah ini ditulis pertama-tama berlatar belakang pada keprihatinan penulis pada situasi dan kondisi kemiskinan dan juga pengangguran yang ada di Indonesia. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik Indonesia tampak dengan jelas bahwa permasalahan tersebut di atas masih menjadi momok bagi perkembangan pembangunan di Indonesia. Penulis mencoba untuk melihat penyebab dari permasalahan tersebut. Ternyata penyebab dari permasalahan di atas adalah kualitas lulusan di Indonesia yang masih berada di bawah standart kebutuhan pasar tenaga kerja seperti telah diungkapkan oleh berbagai ahli. Mengapa kualitas lulusan Indonesia masih berada di bawah standart? Hal ini disebabkan oleh sistem pendidikan dan juga kurikulum yang dipakai di Indonesia masih menerapkan sistem pendidikan yang lama, yakni sistem gaya bank, di mana peserta didik diperlakukan sebagai obyek yang harus diisi oleh pendidik dan berakibat pada peserta didik menjadi pribadi yang pasif dan tidak memiliki wawasan pengetahuan yang luas dan berkembang, termasuk di dalam pertumbuhan pribadinya, menjadi mahluk yang penurut seperti robot. Melihat hal tersebut, penulis mencoba untuk memperkenalkan suatu metode pendidikan yang harapannya dapat digunakan sebagai sumbangan bagi pendidikan di Indonesia. Metode pendidikan tersebut adalah metode pendidikan yang digagas oleh Paulo Freire yang tertuang dalam bukunya ”PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS”. Dalam buku yang berlatar belakang permenungan Freire terhadap situasi penindasan di Brasilia, Freire menemukan suatu metode pendidikan yang bagi Freire dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan yang sejati. Metode pendidikan tersebut dikenal dengan nama metode pendidikan hadap masalah. Pendidikan ini dilakukan dengan menggunakan sistem dialog dalam proses pembelajarannya. Bagi Freire sistem dialog merupakan sistem yang efektif dalam proses pendidikan karena dalam sistem ini pendidik dan peserta didik sama-sama belajar untuk melihat dunia secara nyata, sehingga pendidik mendapatkan pengetahuan lewar peserta didiknya, dan sebaliknya peserta didik diajak untuk aktif dan terlibat di dalam proses pembelajaran. Metode yang digagas oleh Freire ini dapat terjadi jika manusia memiliki kesadaran untuk mau terbebas dari penindasan yang ada,dan mau memperjuangkan pembebasan sebagai upaya untuk mencapai keutuhan sebagai manusia. ”Suatu kata haruslah di wujudnyatakan dalam tindakan nyata (praksis), agar kata tidak menjadi kesia-siaan belaka” demikian ungkap Freire. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai upaya untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pendidikan sebagaimana yang digagas oleh Paulo Freire untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas, berkarakter kreatif, eksploratif dan mandiri sehingga mampu memenuhi standart kebutuhan pasar tenaga kerja yang ada. Selain itu tujuan dari penelitian ini sebagai sarana di dalam menempuh ujian skripsi dan mencapai gelar sarjana serta memberikan sumbangan bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Metode Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi pustaka, dengan buku utama ”PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS” karya Paulo Freire, di samping sumber-sumber pendukung yang lain. Kesimpulan Penindasan merupakan suatu situasi di mana seseorang tidak dapat merasakan kebebasan dan menjadi diri sendiri secara utuh, akibatnya orang yang tertindas tidak akan pernah mengalami kemajuan dalam hidupnya dan hal tersebut berpengaruh pada kesejahteraan diri dan lingkungan di sekitarnya. Maka kesadaran untuk berjuang ke arah pembebasan perlu di lakukan, agar manusia dapat menjadi dirinya sendiri, menjadi pribadi utuh yang tentu akan berpengaruh pada perubahan sosial baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan sekitarnya. Pendidikan Hadap Masalah sebagai pendidikan yang membebaskan merupakan sumbangan serta langkah untuk menuju pada perjuangan tersebut, setidaknya hal tersebut sudah di lakukan oleh Paulo Freire melalui bukunya PENDIDIKAN KAUM TERTINDAS, dan jika di kaitkan dengan konteks Indonesia hal tersebut juga telah di lakukan oleh Rm.Mangunwijaya melalui sistem pendidikan Dinamika Edukasi Dasarnya. Namun pelaksanaan dari sistem pendidikan hadap masalah ini tentu harus tetap mengacu pada nilai-nilai budaya, tradisi dan juga kepribadian bangsa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Philosophy" not defined]
Uncontrolled Keywords: Keadilan; Ketidakadilan; Kebebasan; Pendidikan; Paulo Freire; Indonesia
Subjects: General > B Philosophy (General)
Divisions: Faculty of Philosophy > Philosophy Science Study Program
Depositing User: Vincentius Widya Iswara
Date Deposited: 25 Nov 2014 02:01
Last Modified: 25 Nov 2014 02:01
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/345

Actions (login required)

View Item View Item