Motivasi menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kebutuhan berprestasi pada guru SD

Wijono, Lady Sisca (2009) Motivasi menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan kebutuhan berprestasi pada guru SD. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (745kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di dunia pendidikan Indonesia mulai dilaksanakan pada tahun 2006-2007 secara bertahap. Pelaksanaan KTSP merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi rendahnya mutu pendidikan. Perubahan kurikulum menjadi KTSP menuntut guru sebagai pelaksana kurikulum di sekolah untuk menerapkan KTSP ke dalam pengajarannya, bahkan pemerintah telah menetapkan KTSP paling lambat dilaksanakan pada tahun 2009-2010 di semua instansi pendidikan yang formal. Dalam kenyataannya, pelaksanaan KTSP memunculkan berbagai reaksi yang berbeda-beda khususnya pada kalangan guru sebagai pelaksana langsung di dalam proses belajar mengajar. Dalam menerapkan KTSP maka dibutuhkan adanya suatu daya pendorong yang disebut dengan motivasi. Dengan adanya motivasi, guru akan terdorong untuk dapat berupaya mencapai tujuan tersebut dan mengatasi kekurangan yang ada pada dirinya. Motivasi akan menentukan perilaku guru dalam menerapkan KTSP. Salah satu faktor terpenting dalam motivasi adalah kebutuhan berprestasi. Adanya kebutuhan berprestasi pada guru mempengaruhi tingkat motivasi guru dalam menerapkan KTSP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya korelasi dan peran kebutuhan berprestasi pada guru terhadap penerapan KTSP dalam pengajarannya. Penelitian ini dilakukan pada guru SD yang telah menggunakan KTSP dalam pengajarannya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan Skala Motivasi Menerapkan KTSP dan Skala Kebutuhan Berprestasi pada Guru SD. Data diolah menggunakan SPSS 16.00 melalui perhituangan Kendall’s tau_b. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai r = 0,258 dengan p=0.033 (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara kebutuhan berprestasi dengan motivasi menerapkan KTSP pada guru, yaitu semakin tinggi tingkat kebutuhan berprestasi maka semakin tinggi pula motivasi menerapkan KTSP pada guru begitu pula sebaliknya. Mayoritas (40,6%) responden penelitian menunjukkan kategori kebutuhan berprestasi yang relatif tinggi dengan motivasi menerapkan KTSP yang tinggi pula. Selain itu, sumbangan efektif yang dihasilkan oleh variabel kebutuhan berprestasi terhadap variabel motivasi menerapkan KTSP adalah sebesar 6,7%. Bagi penelitian selanjutnya, disarankan untuk memperbaiki kelemahan- kelemahan dari penelitian ini dan meneliti faktor lain seperti gaya kepemimpinan, budaya kerja, sikap serta persepsi guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi, kebutuhan berprestasi, KTSP, guru
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 13 Oct 2015 06:19
Last Modified: 13 Oct 2015 06:19
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item View Item