Violy, Ivy (2008) Citra diri dan perilaku konsumtif pada remaja putri. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Masa remaja merupakan masa peralihan dalam mencari identitas diri dimana mereka ingin diakui oleh lingkungan sehingga kebutuhan untuk diterima dan menjadi sama dengan lingkungan tersebut membuat remaja berusaha mengikuti trend. Mereka sadar bahwa dukungan sosial sangat dipengaruhi oleh penampilan diri. Penampilan kebanyakan remaja cenderung meniru penampilan orang lain atau tokoh tertentu agar lebih menarik dan percaya diri sehingga remaja biasanya mudah terbujuk rayuan iklan, ikut-ikutan teman, tidak realistis, dan cenderung boros dalam menggunakan uangnya. Sifat-sifat remaja inilah yang akhirnya mendorong munculnya perilaku membeli yang berlebihan (konsumtif), khususnya fashion dan produk kecantikan dimana hal tersebut dapat memberikan dampak yang negatif bagi perkembangan remaja itu sendiri maupun bagi lingkungannya. Perilaku konsumtif berkaitan erat dengan rasa percaya diri dimana rasa percaya diri diduga terkait dengan citra diri yang terbentuk dalam diri remaja. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara citra diri dengan perilaku konsumtif pada remaja putri. Subjek penelitian (N=96) adalah mahasiswi Unika Widya Mandala Surabaya Fakultas Ekonomi dan Akademi Sekretaris. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan skala citra diri dan skala perilaku konsumtif. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik non parametrik, yaitu Kendall’s Tau ß. Hasil analisis memperoleh nilai rxy sebesar -0,171 dan p = 0.018 (p < 0.05) yang berarti ada hubungan negatif antara citra diri dan perilaku konsumtif pada remaja putri. Subjek penelitian ini pada umumnya mempunyai citra diri yang sedang (40,62%) dan tinggi (38,54%) serta memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif yang sedang (43,75%) dan rendah (31,25%). Sumbangan efektif citra diri terhadap perilaku konsumtif relatif kecil yaitu 2,9%. Peneliti lanjutan dapat mempertimbangkan faktor-faktor lain selain citra diri yang juga mempengaruhi munculnya perilaku konsumtif seperti kelompok, keluarga, usia dan tahap perkembangan, keadaan ekonomi, peran dan status, serta harga diri dan tingkat pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Citra diri, perilaku konsumtif, remaja putri |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 33 not found. |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 02:26 |
Last Modified: | 17 Nov 2015 02:26 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3477 |
Actions (login required)
View Item |