Effendy, Fitri Irawati (2009) Hubungan antara status keikutsertaan anak di "kelas toddler" dengan penyesuaian diri anak di "playgroup Buah Hati" Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Download (2MB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Setiap orangtua ingin memiliki anak yang cerdas, tidak hanya dalam hal berhitung atau berbahasa saja, melainkan juga pandai dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan, baik di rumah maupun di sekolah. Penyesuaian diri di sekolah adalah hasil dari usaha anak untuk beradaptasi dengan tuntutan dari lingkungan sekolah. Usaha untuk beradaptasi ini memerlukan sejumlah ketrampilan sosial sehingga anak mampu menyelesaikan masalah di sekolah, yang diantaranya adalah tuntutan dari guru, dari teman, dan dari lingkungan sekolah. Untuk memenuhi kebutuhan anak tersebut, banyak bermunculan sekolah dini di Surabaya. Salah satunya adalah kelas toddler (Wee Joy), dimana anak diajak untuk beraktivitas bersama guna menstimulasi perkembangan sensorimotor, berbicara, serta sosialisasi. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, anak yang pernah mengikuti program Wee Joy tampak lebih mudah menyesuaikan diri saat mereka masuk ke playgroup. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat apakah ada hubungan antara status keikutsertaan anak di kelas toddler dengan penyesuaian diri anak di playgroup. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 53 siswa Playgroup Buah Hati Surabaya, dengan menggunakan Total Population Study sebagai teknik pengambilan sampel. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa skala likert yaitu Skala Penyesuaian Diri Anak di Playgroup. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Point Biserial. Hasil dari pengolahan data diperoleh nilai t hitung = 0,422 dan nilai t tabel (2-tailed) = 2,000. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara status keikutsertaan anak di kelas toddler dengan penyesuaian diri anak di playgroup. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa terdapat faktor- faktor lain yang diduga dapat berpengaruh terhadap penyesuaian diri anak di playgroup, antara lain pengalaman anak dalam kegiatan atau program yang dikuti sebelumnya, serta pola hubungan anak dengan orangtua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Penyesuaian diri di sekolah |
Subjects: | Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Psychology Study Program |
Depositing User: | Users 33 not found. |
Date Deposited: | 17 Nov 2015 02:44 |
Last Modified: | 17 Nov 2015 02:44 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3481 |
Actions (login required)
View Item |