Pengaruh service scape pada niat pembelian ulang dengan kepercayaan sebagai variabel moderator pada restoran makanan Jepang di Surabaya

Eveline H., Christina (2014) Pengaruh service scape pada niat pembelian ulang dengan kepercayaan sebagai variabel moderator pada restoran makanan Jepang di Surabaya. Masters thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Masyarakat modern saat ini tidak lagi memiliki waktu untuk menyiapkan makanan, sehingga menimbulkan perilaku atau kebiasaan makan di luar rumah, seperti halnya di restoran makanan Jepang. Pola konsumsi masyarakat modern pun telah mengalami perubahan. Kegiatan konsumsi makanan yang awalnya hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kini tidak lagi berfokus hanya untuk memenuhi kebutuhan asupan sehari-hari tetapi juga untuk mendapatkan kesenangan dalam mengkonsumsi. Masyarakat juga sadar akan pentingnya kesehatan (makanan Jepang terkenal kaya akan kandungan gizi). Hal ini menimbulkan persaingan di antara restoran-restoran yang ada dan memicu munculnya usaha dari pihak restoran untuk memenangkan persaingan dan mendapatkan hati konsumen dengan meningkatkan kualitas lingkungan fisik (servicescape), serta menjaga hubungan jangka panjang dengan konsumen; yang memungkinkannya untuk memiliki niat pembelian ulang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh servicescape pada niat pembelian ulang dengan kepercayaan sebagai variabel moderatornya. Digunakan sebuah desain kausal yang menganalisis hubungan dan pengaruh antara variabel independen dan dependen dengan adanya variabel moderator. Penelitian menggunakan setting di lapangan, yaitu dengan menemui konsumen, baik melalui jejaring sosial maupun bertemu langsung. Unit analisis yang akan diteliti adalah individu, yaitu konsumen dari ketiga restoran makanan Jepang tersebut dengan horizon waktu penelitian satu tahap. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria sampel yang telah ditentukan. Pengujian validitas dan reliabilitas data dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 20. Pengujian hipotesis diuji dengan menggunakan regresi hirarkikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara ambience, tata ruang, dan dekorasi dengan niat pembelian ulang kosnumen. Variabel kepercayaan memoderasi hubungan antara ambience dan tata ruang pada niat pembelian ulang konsumen; tetapi tidak memoderasi hubungan antara dekorasi pada niat pembelian ulang. Dari hasil penelitian tersebut, kepercayaan konsumen dan dekorasi restoran merupakan variabel yang penting dalam restoran makanan Jepang untuk membangun serta membina hubungan jangka panjang (niat pembelian ulang). Dengan demikian disarankan pada pihak restoran untuk menjaga kualitas layanan servicescape, menggunakan dan memberi apresiasi pada fasilitas suara konsumen, melakukan inovasi dekorasi secara berkala, serta menggunakan dekorasi yang berkualitas dan mewah; yang memungkinkan konsumen untuk memiliki niat pembelian ulang pada restoran tersebut. Bagi peneliti selanjutnya, dapat melanjutkan penelitian ini dengan menambahkan variabel karakter personal konsumen lainnya yang belum diteliti (seperti persepsi,mood, dan motivasi), yang dimungkinkan juga dapat mempengaruhi niatan konsumen dalam melakukan pembelian ulang.

Item Type: Thesis (Masters)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Restoran makanan Jepang, servicescape, kepercayaan, niat pembelian ulang
Subjects: Business > Strategic Management
Divisions: Graduate School > Master Program in Management
Depositing User: Operator Teknis
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:16
Last Modified: 03 Feb 2016 04:16
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item