Analisis dan rancang sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan efektivitas penagihan PT ‘X’

Kurniasari, Yunita (2008) Analisis dan rancang sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan efektivitas penagihan PT ‘X’. Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur). Faculty of Business, Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (902kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia usaha, sistem informasi memiliki peranan penting guna menghasilkan informasi yang menjadi kebutuhan utama dari perusahaan, karena informasi tersebut dapat menjadi masukan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan. Penugasan magang ini bertujuan mengetahui peranan sistem informasi akuntansi untuk meningkatkan efektivitas penagihan PT "X". Laporan penugasan magang ini berfokus pada prosedur penagihan, untuk analisis dan rancang sistem penagihan yang terdapat pada PT "X" sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Melalui penugasan magang pada PT "X", penulis dapat mengetahui bahwa (1). Penagih pada PT "X" dibedakan menjadi penagih dalam kota, dan luar kota serta luar pulau. Saat ini perusahaan sedang melakukan perluasan daerah pemasaran penjualan dalam kota, sehingga untuk dapat mendukung penukaran dan penagihan faktur kepada pelanggan, diperlukan penambahan tenaga penagih, (2). Penagih tidak menyetorkan uang hasil tagihan kepada perusahaan. Dalam hal ini, penagih luar kota dan luar pulau merangkap sebagai sales, sehingga penagih dapat dengan mudah menyalahgunakan fungsinya saat muncul kesempatan untuk menggunakan uang tersebut guna kepentingan pribadinya, (3). Terdapat pelanggan yang melakukan retur barang dan pemotongan nilai faktur saat penagihan. Berdasarkan permasalahan diatas maka penulis memberikan beberapa usulan mengenai rancang sistem untuk meningkatkan efektivitas penagihan PT "X". Pertama, melalui penambahan tenaga penagih dalam kota. Dengan penambahan tenaga penagih, diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja penagih melalui pembagian tugas dan tanggung jawab yang merata dalam penukaran faktur dan penagihan. Kedua, melalui partisipasi dari bagian inkaso agar lebih mencermati pembayaran pelanggan yang biasanya tepat waktu dan tiba-tiba pada saat tertentu melebihi batas jatuh tempo pembayaran. Serta pada penagihan diperlukan adanya laporan piutang periodik untuk masing-masing pelanggan, agar pelanggan dapat ikut memantau atas faktur pembeliannya yang belum terbayar dalam periode tertentu, dan juga dengan cara menghapuskan rangkap jabatan antara sales dan penagih luar kota dan luar pulau. Ketiga dengan cara adanya kebijakan yang mengatur secara jelas mengenai ketentuan batas waktu untuk retur barang dan pemotongan nilai faktur saat penagihan, yang kemudian diinformasikan pada fungsi-fungsi yang terkait serta kepada pelanggan.

Item Type: Monograph (Project Report (PKL, PKIPP, Magang D3, Praktik Kerja Profesi Apoteker, Profesi Guru, Profesi Ners dan Profesi Insiyur))
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, Efektivitas, Penagihan, Penagih.
Subjects: Business > Accounting
Business > Accounting Diploma
Divisions: Faculty of Vocational > Accounting Diploma Study Program
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2015 12:32
Last Modified: 25 Feb 2015 02:42
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item View Item