Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Kalor kelas X-A SMAK Santo Yusuf Surabaya

Christina, Yossephin Jennifer Mary C (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif think pair share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Kalor kelas X-A SMAK Santo Yusuf Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (773kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan di SMAK Santo Yusuf Surabaya pada hari Rabu, 22 Januari 2014, diketahui bahwa banyak siswa yang kurang memperhatikan pelajaransaat guru menerangkan dan hasil belajar siswa pada pelajaran fisika belum mencapai hasil yang optimal. Prosentase hasil ulangan siswa yang mencapai SKM adalah 26,83% dengan rata-rata kelas 55,29, sedangkan prosentase keaktifan siswa adalah 33,33%. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas X-A SMAK Santo Yusuf Surabaya dengan jumlah siswa 40 orang, yang terdiri dari 25 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Materi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pokok bahasan kalor. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Pada siklus I, prosentase keaktifannya adalah 76,67%%, sedangkan nilai rata-rata kelas yaitu 69,83 dengan prosentase ketuntasan 63,89%. Pada siklus II, prosentase keaktifannnya meningkat menjadi 96,67% dan nilai rata-rata kelas menjadi 80,68 dengan prosentase ketuntasan 83,33%. Sementara prosentase untuk keterlaksanaan RPP siklus I adalah 89,58% dan siklus II adalah 98,04%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: PTK, Think Pair Share (TPS), keaktifan, hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Operator 2 Student Staff
Date Deposited: 18 Jan 2016 05:21
Last Modified: 18 Jan 2016 05:21
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4057

Actions (login required)

View Item View Item