Bias gender di dalam pencitraan PT Tempo Scan pada corporate advertising "Tempo Scan 60th"

Rahmawati, Qori (2015) Bias gender di dalam pencitraan PT Tempo Scan pada corporate advertising "Tempo Scan 60th". Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tanda-tanda bias gender pada coporate advertising PT Tempo Scan 60th. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce untuk membedah tanda bias gender pada corporate advertising PT Tempo Scan yang mengusung tema kesetaraan gender. Melalui analisis semiotika Charles Sanders Peirce, peneliti menemukan bahwa corporate advertising PT Tempo Scan masih bersifat bias gender. Bias gender yang ada di corporate advertising tertera dalam tiga hal, seperti karakter (fisik dan psikologis), wilayah peran dan hubungan antara laki-laki dan perempuan. Secara umum penemuan bias gender di dalam corporate advertising Tempo Scan ini menunjukan, bahwa walaupun perempuan telah berhasil mencapai pada posisi publik akan tetapi masih tetap dikonstruksikan pada kecantikan atau perawatan tubuh untuk menonjolkan penampilannya. Secara berulang kali ditemukan atribut-atribut kecantikan seorang perempuan sama seperti kecantikan yang dianut pada era 2000-an. Sedangkan laki-laki tetap dikonstruksikan sebagai manusia yang mempunyai kekuasaan dan kekuataan pada wilayah publik. Laki-laki tidak divisualisasikan sebagai manusia yang harus memperdulikan penampilan setiap waktu pada saat mereka berada di wilayah publik. Jika melihat dalam konteks paradoks, corporate advertising Tempo Scan tadinya ingin menciptakan citra kesetaraan gender akan tetapi berdasarkan fakta-fakta yang ada corporate advertising ini malah terjerumus kedalam bias gender. Sedangkan dalam konteks public relations, peneliti melihat tanda pada corporate advertising ini justru membelakangi upaya PT Tempo Scan untuk menciptakan citra sebagai perusahaan yang menjunjung tinggi kesetaraan gender.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Bias Gender, Pencitraan, Analisis Semiotik, Corporate Advertising.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 2615 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2016 04:59
Last Modified: 13 Jan 2016 04:59
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4202

Actions (login required)

View Item View Item