Perancangan Prosedur Operasi Standar (POS) siklus penjualan guna meningkatkan pengendalian internal pada PT Jayabaya Raya

Hartono, Annette Charissa (2015) Perancangan Prosedur Operasi Standar (POS) siklus penjualan guna meningkatkan pengendalian internal pada PT Jayabaya Raya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Persaingan bisnis yang semakin kompetitif membuat setiap perusahaan yang ada saling berlomba untuk meningkatkan nilainya masing-masing. Berbagai macam strategi digunakan oleh perusahaan agar dapat memperoleh hasil penjualan yang maksimal. Strategi tersebut tidak akan berhasil tanpa adanya sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal yang baik. Pengendalian internal PT Jayabaya Raya masih tergolong lemah sehingga muncul risiko yang dapat merugikan perusahaan. Melihat dari permasalahan ini peneliti bertujuan untuk meningkatkan pengendalian internal perusahaan dengan merancang POS (Prosedur Operasional Standar) siklus penjualan tunai dan kredit. Penyebab masalah tersebut adalah tidak adanya pemisahan fungsi antara bagian penjualan dan bagian penagihan di penjualan kredit; bagian penjualan dengan bagian kasir di penjualan tunai; tidak memiliki kebijakan kredit yang jelas; tidak memiliki dokumen khusus untuk pencatatan dan pesanan; serta belum memiliki POS (Prosedur Operasi Standar) terkait dengan siklus penjualan tunai dan kredit. Berdasarkan penyebab permasalahan di atas, PT Jayabaya Raya perlu memisahkan tugas antara bagian penjualan dan bagian penagihan untuk penjualan kredit, bagian penjualan dan bagian kasir untuk penjualan tunai, membuat dokumen khusus untuk pencatatan pesanan pelanggan dan pengambilan barang, serta memiliki kebijakan kredit yang jelas. Semua perbaikan ini terdokumentasi di dalam POS yang dapat meminimalisir risiko-risiko yang ada dan akhirnya dapat meningkatkan pengendalian internal penjualan. POS yang akan dibuat adalah POS Penerimaan Pesanan Penjualan, POS Pengambilan dan Pengiriman Barang, dan POS Penagihan dan Pelunasan Penjualan Tunai dan Kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penjualan tunai, penjualan kredit, prosedur operasi standar penjualan tunai dan kredit, pengendalian internal
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 20 Jan 2016 03:46
Last Modified: 20 Jan 2016 03:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/4805

Actions (login required)

View Item View Item