Penerapan pembelajaran tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa X SMA Ipiems Surabaya

Fosa, Melatia (2016) Penerapan pembelajaran tipe Numbered Head Together untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa X SMA Ipiems Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal yang dilakukan peneliti di kelas X MIA 3 SMA IPIEMS Surabaya menemukan kenyataan bahwa prestasi belajar fisika siswa relatif rendah. Prosentase siswa yang mencapai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) hanya 37,5%. Salah satu penyebab adalahkurangnya keaktifan siswa saat proses belajar mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar fisika siswa di kelastersebut. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan Dinamika Partikel dipilih untuk diterapkan dalam suatu penelitian tindakan kelas (PTK). Indikator keberhasilan PTK ditetapkan meliputiketerlaksanaan RPP dengan metode NHT ≥ 80%; .minimal 75% siswa aktif mengikuti pelajaran fisika; minimal 75% siswa memenuhi SKM, dan skor rata-rata hasil belajar fisika siswa≥ 2,7. Untuk mencapai indikator keberhasilan di atas, PTK harus dilaksanakandalam 2 siklus. Pada akhir siklus pertama, keterlaksanaan RPP mencapai 71,7%; prosentase keaktifan siswa sebesar 72,5%; prosentase siswa yang mencapai SKM sebesar 92,5%; dan skor rata-ratahasil belajar fisika siswa 3,6. Pada akhir siklus kedua, keterlaksanaan RPP mencapai 91,7%; prosentase keaktifan siswa meningkat menjadi 92,5%; prosentase siswa yang mencapai SKM meningkat menjadi 95%; dan skor rata-rata hasil belajar fisika siswa 3,8. Dengan demikian penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar fisika siswa kelas X MIA 3 SMA IPIEMS Surabaya telah terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Numbered Head Together (NHT), keaktifan siswa, prestasi belajar siswa, dinamika partikel
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 2706 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2016 01:47
Last Modified: 02 Feb 2016 01:47
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/5252

Actions (login required)

View Item View Item