Analisis tingkat keluasan pengungkapan Corporate Social Responsibility:periode 2010-2014

Witomo, Alfred (2016) Analisis tingkat keluasan pengungkapan Corporate Social Responsibility:periode 2010-2014. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (639kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Perusahaan-perusahaan yang menjalankan kegiatan produksinya berhubungan secara langsung dengan lingkungan, kehidupan masyarakat, dan pengembangan produk diharapkan mengungkapkan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam laporan tahunan. CSR ini menjelaskan mengenai semua aktivitas internal maupun eksternal yang berkaitan dengan perusahaan. Aktivitas internal ini meliputi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengembangan produk. Sedangkan aktivitas eksternalnya meliputi keterlibatan komunitas dan pemanfaatan lingkungan. Tujuan CSR untuk menjaga agar perusahaan memperhatikan aktivitas yang dilakukannya berkaitan dengan eksosistem yang sudah ada serta melakukan proses perbaikan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keluasan pengungkapan CSR pada industri manufaktur, ESDM, perikanan, dan perkebunan selama tahun 2010-2014. Penelitian ini juga menunjukkan dimensi mana yang paling banyak diungkapkan oleh perusahaan selama tahun 2010-2014. Objek penelitian ini adalah perusahaan terbuka pada industri manufaktur, ESDM, perikanan, dan perkebunan diambil dengan teknik purposive sampling.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 204 perusahaan yang terdiri dari 145 perusahaan manufaktur, 40 perusahaan ESDM, 3 perusahaan perikanan, dan 16 perusahaan perkebunan. Sumber data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi keterlibatan komunitas merupakan dimensi yang paling banyak diungkapkan oleh perusahaan-perusahaan sampel. Selain itu juga terjadi peningkatan keluasan pengungkapan CSR selama tahun 2010-2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Tujuan CSR, tingkat keluasan pengungkapan CSR, dimensi keterlibatan komunitas
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 2528 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2016 04:31
Last Modified: 10 Mar 2016 04:31
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6294

Actions (login required)

View Item View Item