Efektivitas pelatihan pemecahan masalah dengan metode Stop Think Do untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang langkah-langkah pemecahan masalah

Sari, Lusia Anggi Ernia (2013) Efektivitas pelatihan pemecahan masalah dengan metode Stop Think Do untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang langkah-langkah pemecahan masalah. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (984kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah penting untuk dikembangkan pada masa remaja. Untuk menguasai keterampilan penyelesaian masalah, perlu adanya pemahaman mengenai langkah-langkah yang tepat dalam mengatasi masalah tersebut. Pemahaman tersebut dapat diperoleh melalui pengalaman dari lingkungan, antara lain melalui pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana efektivitas pelatihan pemecahan masalah melalui stop think do terhadap pemahaman remaja mengenai langkah-langkah pemecahan masalah. Subjek penelitian (N=24) adalah remaja yang berusia 12-18 tahun yang mengikuti organisasi Karang Taruna, dengan taraf pendidikan SMP sampai SMA, yang berada di Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar. Desain penelitian quasi eksperimen ini adalah pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling, sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan Tes Pemahaman tentang Langkah-langkah Pemecahan Masalah. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 16,0. Uji hipotesis menggunakan teknik non parametrik Mann-Whitney. Kesimpulan penelitian adalah Pelatihan Pemecahan Masalah dengan Metode Stop Think Do efektif untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang langkah-langkah pemecahan masalah, dengan p = 0,048. Dengan demikian, hipotesis penelitian diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah, metode stop think do, remaja
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 18 Dec 2014 04:40
Last Modified: 21 Jan 2015 03:13
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/636

Actions (login required)

View Item View Item