Monitor parkir sepeda motor di kampus Widya Mandala Kalijudan berbasis pemrosesan citra

Haryono, Alfonsus Dhani Arianda (2016) Monitor parkir sepeda motor di kampus Widya Mandala Kalijudan berbasis pemrosesan citra. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pembuatan sistem monitor parkir sepeda motor dilatarbelakangi belum adanya sistem parkir sepeda motor yang mampu menampilkan letak tempat parkir dan jumlah tempat parkir yang kosong. Sistem monitor ruang parkir dan pelanggaran sepeda motor merupakan sebuah sistem yang bekerja mendeteksi banyaknya tempat parkir sepeda motor yang kosong yang kemudian ditampilkan dalam bentuk tampilan antarmuka yang berisi informasi denah area parkir, total tempat parkir yang disediakan, dan banyaknya ruang parkir yang kosong. Selain itu, sistem ini juga mendeteksi pelanggaran memarkir sepeda motor dengan mengidentifikasi ada atau tidak motor yang diparkir mengenai garis pembatas parkir. Sistem ini disimulasikan terdiri dari dua buah kamera IP untuk masing-masing blok parkir. Tiap kamera IP dipasang di sisi berseberangan dengan blok parkir yang menjadi obyek. Teknik yang digunakan dalam sistem ini adalah template matching. Pada pembuatan sistem ini diambillah template blok parkir dalam keadaan kosong pada waktu tertentu. Waktu pengambilan template yakni pk 10.00, 13.00, dan 16.00 WIB. Masing-masing template dibandingkan dengan keadaan blok parkir dan garis batas dalam keadaan real. Perbandingan tersebut akan menghasilkan nilai korelasi yang menjadi penentu nilai ambang batas yang digunakan. Jika nilai korelasi lebih kecil dari nilai ambang batas maka dikatakan blok parkir terisi. Sebaliknya, jika nilai korelasi lebih besar dari nilai ambang batas maka dikatakan blok parkir kosong. Sama halnya seperti proses matching untuk blok parkir, proses matching pada template garis juga berdasarkan perbandingan nilai korelasi dengan nilai ambang batas. Jika nilai korelasi lebih kecil dari nilai ambang batas maka dikatakan bahwa terdapat pelanggaran dan alarm berbunyi. Sebaliknya, jika nilai korelasi lebih besar daripada nilai ambang batas maka dikatakan bahwa tidak terdapat pelanggaran. Hasil pengujian dari sistem ini menunjukkan bahwa sistem sudah berfungsi yakni kotak parkir berwarna hijau ketika tidak ada obyek di kotak parkir, sebaliknya kotak parkir akan berwarna merah ketika ada obyek di kotak parkir dengan luasan minimal sebesar 12,24 % dari luasan blok parkir. Nilai ambang batas yang digunakan sebesar 0.75. Sistem ini belum mampu membedakan obyek lain dengan sepeda motor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Engineering" not defined]
Uncontrolled Keywords: Sepeda motor, ruang parkir, template matching, korelasi
Subjects: Engineering
Engineering > Electrical Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Electrical Engineering Study Program
Depositing User: Users 2992 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2016 03:05
Last Modified: 23 Mar 2016 04:34
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item