Efek informasi, sumber komunikasi pemasaran dan label pangan dalam proses adopsi : studi perilaku adopsi pangan fungsional

Syahlani, Suci Paramitasari (2006) Efek informasi, sumber komunikasi pemasaran dan label pangan dalam proses adopsi : studi perilaku adopsi pangan fungsional. Other thesis, Gadjah Mada University Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (869kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran iklan, advertorial, label pangan dan sumber informasi dalam membentuk pengetahuan dan persuasi pada proses adopsi pangan fungsional. Selain itu, penelitian ini juga mengukur peran motivasi hidup sehat dan menguji model pengambilan keputusan adopsi inovasi secara komprehensif pada kategori produk pangan fungsional. Penelitian diawali melakukan focus group discussion dan in depth interviews untuk mengkonfirmasi model penelitian pada setting penelitian. Selanjutnya, dilakukan dengan eksperimen laboratorium dengan desain faktorial 4 X 2 dengan level perlakuan iklan produsen, iklan lembaga independen, advertorial produsen dan advertorial lembaga independen serta label pangan spesifik dan umum. Sejumlah 199 subjek penelitian dipilih berdasar kriteria berperan dalam pengambilan keputusan pembelian bahan pangan bagi dirinya atau keluarga. Sejumlah 30 subjek juga dilibatkan dalam eksperimen dengan label pangan sebagai perlakuan tunggal dan 15 subjek pada eksperimen dengan perlakuan komunikasi pemasaran simultan yaitu iklan produsen, advertorial lembaga independen dan label pangan spesifik. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji beda rerata kelompok, analysis of variance, korelasi dan regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi hidup sehat berperan dalam meningkatkan pengetahuan subjektif dan persuasi tetapi tidak dapat dibuktikan dalam meningkatkan pengetahuan objektif. Uji lebih lanjut menunjukkan bahwa iklan audio visual signifikan dalam meningkatkan pengetahuan subjektif, sedangkan advertorial dapat meningkatkan pengetahuan baik subjektif maupun objektif. Hasil studi juga menunjukkan bahwa advertorial dapat meningkatkan pengetahuan subjektif dan objektif. Namun demikian, hasil studi menunjukkan bahwa iklan produsen mampu memberikan efek peningkatan pengetahuan subjektif yang sama kuat dengan advertorial. Lebih lanjut, hasil studi tidak dapat membuktikan bahwa lembaga independen memberikan efek persuasi lebih kuat dibandingkan dengan produsen. Pengujian peran label pangan menunjukkan bahwa semua bentuk label pangan dapat meningkatkan pengetahuan baik subjektif maupun objektif terkecuali pada kelompok yang sebelumnya memperoleh informasi advertorial. Studi ini tidak dapat membuktikan bahwa label pangan spesifik dan logo sertifikasi lembaga dapat meningkatkan pengetahuan dan persuasi lebih kuat. Selain itu, studi ini menunjukkan pula pengetahuan subjektif berperan dalam membentuk persuasi yang selanjutnya mempengaruhi pengambilan keputusan adopsi. Terakhir, studi ini menunjukkan komunikasi simultan memberikan efek pengetahuan dan akumulasi pengetahuan yang lebih baik akan digunakan dalam proses evaluasi informasi lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Other)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Graduate School" not defined]
Uncontrolled Keywords: Iklan, advertorial, sumber informasi, label pangan, adopsi, pangan fungsional
Subjects: Business > Management
Divisions: Graduate School > Doctoral Program in Management Science
Depositing User: Sri Kusuma Dewi
Date Deposited: 29 Aug 2016 11:18
Last Modified: 09 Nov 2016 03:11
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item