Representasi pendidikan di perbatasan dalam film “Batas”

Setiaputri, Dwipa Anggraini (2015) Representasi pendidikan di perbatasan dalam film “Batas”. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat tentang bagaimana pendidikan di perbatasan di representasikan dalam film “Batas”. Film “Batas” merupakan film bertema pendidikan yang berlatar di wilayah perbatasan. Metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce digunakan untuk melihat representasi pendidikan di perbatasan dalam film “Batas”. Melalui tanda-tanda yang muncul dalam film tersebut, peneliti menemukan bahwa film “Batas” merepresentasikan pendidikan yang berbeda dengan konsep pendidikan nasional pada umumnya, yaitu pendidikan yang tidak formal, yang tidak mengacu pada aturan-aturan, kurikulum, dan jam-jam sekolah pada umumnya. Penyaluran pendidikan diupayakan dengan cara memasuki pola kehidupan masyarakat disana. Ini disebabkan karena masyarakat perbatasan dalam film tersebut belum memiliki kesadaran untuk bersekolah karena mereka beranggapan pendidikan bukan kebutuhan primer. Butuh upaya untuk tetap dapat menyalurkan pendidikan bagi anak-anak perbatasan agar dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusianya sehingga dapat memajukan wilayah perbatasan. Upaya menyalurkan pendidikan untuk anak-anak perbatasan dengan cara memasuki pola kehidupan mereka berhasil sehingga menciptakan sebuah pendidikan versi perbatasan. hal ini mencerminkan pendidikan bekerja sebagai agen perubahan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Film, representasi, semiotika, pendidikan, perbatasan
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 28 Mar 2016 04:30
Last Modified: 28 Mar 2016 04:30
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6633

Actions (login required)

View Item View Item