Kepuasan anggota instanusantara Surabaya pada penggunaan media sosial instagram

Putra, Teguh Husada (2015) Kepuasan anggota instanusantara Surabaya pada penggunaan media sosial instagram. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (627kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kepuasan ini dapat dikaitkan dengan teori inti Uses and Gratifications yang memiliki audien aktif dalam menggunakan media dalam kepuasan atas kebutuhannya. Menggunakan suatu media didukung dengan adanya motif dari audien tersebut puas atau tidaknya dalam menggunakan suatu media. Penelitian ini meneliti kepuasan anggota Instanusantara Surbaya dalam menggunakan Instagram. Instanusantara merupakan komunitas fotografi yang tersebar dari regional Ambon, Bali, Bandung, Banjar, Daerah Istimewa Yogyakarta, Gorontalo, Jakarta, Kepri, Kuningan, Makasar, Manado, Malang, Medan, Palu, Palangkaraya, Semarang dan Surabaya. Komunitas Instanusantara Surabaya tergolong sebagai audien yang cukup aktif mengabadikan keindahan Indonesia dalam media sosial Instagram. Populasi untuk penelitian ini adalah seluruh anggota Instanusantara Surbaya yang dibentuk pada tahun 2012. Penelitian ini menggunakan empat indikator dengan kategori untuk mencari kesenjangan antara GS (Gratification Sought) dan GO (Gratification Obtained) dilihat dari Hubungan Sosial, Identitas Pribadi, Informasi dan Hiburan. Penelitian ini mencari kesenjangan antara kepuasan dalam GS (Gratification Sought) dikaitkan dengan kepuasan yang dicari GO (Gratification Obtained) untuk dapat disimpulkan dengan penelitian ini responden merasa tidak puas setelah menggunakan Instagram. Hasil dari penelitian kepuasan anggota Instanusantara Surbaya pada penggunaan media sosial Instagram termasuk dalam tingkat kepuasan yang rendah. Meskipun tidak puas tetapi anggota Instanusantara tetap menggunakan Instagram karena Instagram adalah media wajib yang harus digunakan oleh anggota sehingga mereka dapat mempertahankan keanggotaan mereka di Insatanusantara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Teori Uses and Gratification, kepuasan GS (Gratification Sought) dan GO (Gratification Obtained) Komunitas Instanusantara Surabaya, instagram.
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 30 Mar 2016 07:14
Last Modified: 30 Mar 2016 07:14
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item