Makna kecantikan perempuan dalam iklan televisi YOU C1000 Vitamin ‘Batik’ – Leila Lopes

Ege, Angelina Gracia Agusta (2015) Makna kecantikan perempuan dalam iklan televisi YOU C1000 Vitamin ‘Batik’ – Leila Lopes. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
bab 1.pdf

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana iklan televisi YOU C1000 Vitamin ‘Batik’ versi Leila Lopes memaknai kecantikan perempuan. Peneliti menggunakan metode analisis semiotika yang dikembangkan oleh Charles Sander Peirce, yaitu dengan menggunakan segitiga makna yang terdiri dari ikon, indeks, dan simbol untuk melihat pemaknaan kecantikan perempuan yang terdapat dalam iklan televisi YOU C1000 Vitamin ‘Batik’ versi Leila Lopes. Pemaknaan kecantikan perempuan tersebut akan dilihat dari tanda-tanda dan kode-kode yang terdapat dalam iklan tersebut. Dengan analisis semiotika yang dikembangkan oleh Charles S. Peirce, peneliti menemukan bahwa iklan YOU C1000 menunjukkan makna kecantikan perempuan melalui cara yang berbeda dibandingkan iklan produk kecantikan pada umumnya yang mengkategorikan kecantikan dengan cara yang sempit. YOU C1000 Vitamin memperluas makna kecantikan perempuan melalui brand ambassador YOU C1000, Leila Lopes. Makna kecantikan yang digambarkan dalam iklan YOU C1000 Vitamin adalah kecantikan yang bersumber dari dalam tanpa melihat warna kulit. Dalam iklan tersebut, warna kulit tidak menjadi ukuran kecantikan perempuan. Justru keragaman warna kulit perempuan membuat dunia terlihat menarik. Kecantikan bukanlah sesuatu yang tetap dan seragam, namun kecantikan adalah sesuatu yang kompleks dan tidak dapat dikategorisasikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Communication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Iklan televisi, makna kecantikan, analisis semiotika
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Thomas Aryanatan Lena
Date Deposited: 31 Mar 2016 01:13
Last Modified: 31 Mar 2016 01:13
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/6693

Actions (login required)

View Item View Item