Analisis pengaruh motivasi rasional dan emosional terhadap keputusan pembelian mobil bekas merek Honda type sedan pada Showroom Mitra Mandiri Mobil di Surabaya.

Wilianto, Ferdy (2004) Analisis pengaruh motivasi rasional dan emosional terhadap keputusan pembelian mobil bekas merek Honda type sedan pada Showroom Mitra Mandiri Mobil di Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (438kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (977kB) | Preview

Abstract

Kita melihat bahwa pasar itu ialah tempat bertemunya permintaan dan penawaran. Pennintaan tersebut merupakan keinginan konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Adanya faktor keinginan untuk membeli dalam market demand mehbatkan penelitian dalam motivasi pembelian. Motivasi pembelian ialah pertimbangan-pertimbangan dan pengaruh-pengaruh yang mendorong orang untuk melakukan pembelian. Motivasi pembclian terhadap barangnya tersebut terdiri atas dua golongan yaitu motivasi pembelian rasional dan motivasi pembelian emosional. Dengan mengetahui motivasi pembelian tersebut kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi alasan-alasan orang melakukan keputusan pembelian, sehingga kita dapat melakukan kegiatan untuk menarik mereka membeli barang yang ditawarkan. Berdasarkan penjelasan diatas, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh motivasi pembelian rasional dan motivasi pembelian emosional terhadap keputusan pembehan mobil bekas merek Honda type sedan pada showroom Mitra Mandiri Mobil di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeIi mobil bekas merek Honda pada showroom Mitra Mandiri Mobil di Surabaya. Sampel yang diambil untuk penelitian adalah sebesar 100 orang dengan tehnik purposive sampling. Sebelum kuesioner untuk 100 responden disebarkan, peneliti mengadakan uji coba kepada 30 responden. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan kuesioner yang benar-benar valid dan realibel. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi limer berganda. Desain penelitian yang dilakukan adalah penelitian dengan hipotesis, sedangkan variabel bebas yang diajukan adalah variabel motivasi pembelian rasional (XI) dan motivasi pembelian emosional (X2). Sedangkan variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa variabel motivasi pembelian rasional dan motivasi pembehan emosional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil bekas merek Honda type sedan pada showroom Mitra Mandiri Mobil di Surabaya dengan nilai F hitung (994,577) > F tabel (3,0902). Dengan demikian hipotesisn penelitian terbukti. Hasil perhitungan koefisien determinasi berganda adalah sebesar 0,954 atau 95,4% yang berarti kedua variabel bebas secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 95,4% terhadap varaibel terikat, sedangkan sisanya sebesar 4,6% dikonstribusi oleh variabel lain diluar variabel bebas tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: motivasi pembelian, motivasi pembelian rasional, motivasi pembelian emosional, keputusan pembelian
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3017 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:20
Last Modified: 25 Aug 2016 03:20
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item