Etika pemasaran dalam transaksi e-commerce untuk melindungi hak konsumen

Lianita, Veronica (2008) Etika pemasaran dalam transaksi e-commerce untuk melindungi hak konsumen. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
Bab 4.pdf

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bisnis saat ini semakin maju dengan ditandai oleh adanya berbagai pembaharuan untuk mendukung kegiatan bisnis. Salah satu bentuk dari pembaharuan dalam bisnis adalah penggunaan electronic commerce atau yang dikenal dengan e-commerce, yaitu upaya untuk memindahkan kegiatan jual-beli dalam bisnis yang selama ini dilakukan di pasar nyata ke pasar maya yaitu dengan media internet. Perkembangan teknologi informasi melahirkan internet yang mampu mengirimkan atau menerima informasi dalam waktu singkat. Kondisi yang ada membuat internet dapat dimodifikasi untuk dijadikan sebagai pasar maya dalam bisnis yang mana transaksi dalam bentuk tersebut dinamakan media e-commerce. Penggunaan e-commerce mampu mengurangi intensitas pertemuan pembeli dan penjual. Manfaat ini seringkali disalahgunakan oleh penjual dengan melakukan kecurangan. Minimalisasi pertemuan dengan pembeli membuat penjual seringkali melakukan kecurangan yang merugikan pembeli seperti: penipuan terhadap spesifikasi produk sehingga produk yang dilihat pada web site penjual tidak sesuai dengan produk yang dikirimkan dan pemesanan yang sudah dibayar tetapi tidak dikirimkan kembali. Kecurangan perusahaan sebagai penjual membuat konsumen kurang memiliki kepercayaan dalam menjalankan transaksi e-commerce, sehingga makin banyak konsumen yang enggan menggunakan media e-commerce. Kejadian yang ada tidak dapat dibiarkan berkaitan dengan kemajuan dunia bisnis. Kesadaran perusahaan untuk melakukan kegiatan pemasaran yang memenuhi nilai-nilai etika dengan memperhatikan hak-hak yang dimiliki konsumen adalah langkah penting untuk mengurangi kecurangan dalam transaksi e-commerce dan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk menggunakan e-comerrce sehingga bisnis juga makin mampu berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business
Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 14 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2015 02:11
Last Modified: 23 Jan 2015 03:51
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/697

Actions (login required)

View Item View Item