Analisis pengaruh variabel-variabel retail mix terhadap keputusan pembelian di Supermarket Sinar Bintoro Surabaya.

Santoso, Octavius Handoyo (2004) Analisis pengaruh variabel-variabel retail mix terhadap keputusan pembelian di Supermarket Sinar Bintoro Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel-variabe1 retail mix (lokasi, kategori barang dagangan, harga dan desain & penataan toko) secara simultan terhadap keputusan pembelian di Supermarket Sinar Bintoro serta untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan. Populasi yang digunakan yaitu konsumen di Supermarket Sinar Bintoro dengan jumlah sarnpel 100 responden. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diukur menggunakan semantic diffirential scale dan diolah dengan analisis regresi berganda, korelasi berganda, koefisien deterininasi berganda dan uji hipotesis. HasiInya nilai R= 0,714, berarti hubungan retail mix dengan keputusan pembelian adalah kuat. Fhitung (24,768) > Flabel (2,467), maka variabel X1, X2, X3, X4 secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Nilai koefisien determinasi berganda (R2) sebesar 0,510, berarti variabel retail mix memberikan kontribusi 51 % terhadap keputusan pembelian. Koefisien korelasi parsial variabel X1 (lokasi) dengan variabel Y (keputusan pembeJian) sebesar 0,092 (berarti hubungan antara X1 dengan Y sebesar 9,2%) dimana thitung X1 (0,902) < ttabel (1,985), maka X1 berpengaruh tidak signifikan dengan keputusan pembe1ian. Koefisien korelasi parsial variabel X2 (kategori barang dagangan), dengan variabel Y sebesar 0,554 (berarti hubungan X2 dengan Y sebesar 55,4%). Koefisien korelasi parsial variabel X3 (barga) dengan variabel Y sebesar 0,209 (berarti hubungan X3 dengan Y sebesar 20,9%). Koefisien korelasi parsial variabel X4 (desain & penataan toko) dengan variabel Y sebesar 0,217 (berarti hubungan X4 dengan Y sebesar 21,7%). Sedangkan tbitung X2 (6,489); X3 (2,086); dan X4 (2,166) > ltabel (1,985) menunjukkan pengaruh signifikan antara X2, X3, dan X4 dengan Y, ak.an tetapi yang paling signifikan dan dominan adalah X2. Sehingga dugaan bahwa "variabel-variabel retail mix secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen terbukti benar. Sedangkan dugaan variabel harga yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian terbukti salah. Untuk bertahan dalam persaingan yang ketat sebaiknya perusahaan tetap menjaga dan terns berinovasi dalam menetapkan strategi retail mix yang paling sesuai untuk saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3017 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:55
Last Modified: 29 Aug 2016 02:55
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7024

Actions (login required)

View Item View Item