Analisis kesesuaian antara harapan dan persepsi konsumen pada produk suhun merek matahari di Besuki.

Kartikawati, Elvi (2000) Analisis kesesuaian antara harapan dan persepsi konsumen pada produk suhun merek matahari di Besuki. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Banyaknya produk suhun di pasaran, baik dalam jumlah ataupun Jenisnya. menyebabkan pula adanya beragam pilihan bagi konsumen. Kondisi ini menyebabkan semakin tajamnya persaingan antar perusahaan yang sejenis. Agar perusahaan tidak kalah dengan pesaing-pesaingnya, maka syarat yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan agar dapat sukses dalam persaingan adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Perusahaan harus; mampu memahami perilaku konsumen, karena kelangsungan hidup perusahaan tersebut sebagai organisasi yang berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan para konsumen sangat tergantung pada perilaku konsumennya. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian mengenai lingkat harapan dan persepsi konsumen atas karakteristik produk suhun merek Matahari, sehingga nantinya dapal dipakai sebagai informasi untuk peningkatan kualitas produk sesuai dengan selera konsumen sertn strategi pemasaran, yang pada akhimya akan mampu meningkatkan volume penjualannya. Bentuk rancangan penelitian ini mempakan penelitian survey melalui instrumen kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Untuk mengetahui tingkat harapan dan persepsi konsumen dilakukan analisis kepentingan-kinerja (importance performance-analysis) dengan menggunakan diagram kartesius, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji statistik non parametrik Tes Ranking Bertanda Wilcoxon untuk data berpasangan. Hasil analisis deskripsi diketahui bahwa elemen-elemen dari atribut produk suhun yang meliputi harga yang kompetitif, kelezatan, dan kemudahan dalam mendapatkan produk suhun di pasaran termasuk dalam kuadran A (prioritas utama). Elemen kesesuaian harga dengan kualitas suhun, kemudahan penyajian, bentuk dan wama produk suhun, kekonsistenan rasa suhun, serta komposisi dan kandungan gizi suhun termasuk dalam kuadran B (pertahankan prestasi). Elemen bentuk dan ukuran kemasan suhun dan kemasan suhun masuk kuadran C (prioritas rendah). Serta tidak ada elemen dari atribut produk suhun yang masuk dalam kuadran D (berlebihan). Hasil pengujian statistik dengan uji Rank bertanda Wilcoxon untuk atribut kesesuaian harga (value to price relationship) menunjukkan Ho ditolak, karena nilai Z hitung (= -8,2954) < Z tabel (= -1,96), untuk atribut kualitas (product quality), menunjukkan Ho ditolak, karena nilai Zhitung (= -7,1867) < Ztabel (= -1,96), untuk atribut penampilan produk (product feature), menunjukkan Ho ditolak, karcna nilai Zhitung (= -7,7700) < Ztabel (= -1,96), untuk atribut keandalan produk (reliability), menunjukkan Ho diterima, karena nilai Zhitung (= -1,2175) < Ztabel (= -1,96), unluk atribut kemudahan mendapatkan produk (convenience of aequisition) suhun merek Matahari di pasaran, menunjukkan Ho ditolak, karena nilai Zhitung (= -8,0388) < Ztabel, (=- .1,96).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3017 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2016 08:22
Last Modified: 29 Aug 2016 08:22
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7379

Actions (login required)

View Item View Item