Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis di kelas XI IPA SMA Kartika Wijaya Surabaya

Permadi, Andreas Christanto (2016) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fluida statis di kelas XI IPA SMA Kartika Wijaya Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMA Kartika Wijaya Surabaya menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA cukup rendah. Dengan jumlah siswa 36 orang yang terdiri 16 laki-laki dan 20 perempuan, sebagian besar siswa belum secara aktif mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Setelah peneliti melakukan 2 siklus PTK yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi di setiap siklusnya maka didapatkan hasil yang meningkat pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I didapatkan prosentase keaktifan siswa sebesar 56%, ketuntasan siswa sebesar 63,8%, dan nilai rata-rata siswa 81. Pada siklus II didapatkan prosentase keaktifan siswa sebesar 75%, ketuntasan siswa sebesar 77,8%, dan nilai rata-rata siswa 82. Dengan demikian bila Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD diterapkan dengan benar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Kartika Wijaya Surabaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, tipe STAD, PTK, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 3272 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:03
Last Modified: 15 Aug 2016 03:03
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/7839

Actions (login required)

View Item View Item