Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII- A SMPK St. Vincentius Surabaya

Yuniastuti, Yashinta Christiningtyas (2016) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII- A SMPK St. Vincentius Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal di kelas VIII-A SMPK St. Vincentius Surabaya menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa. Skor rata-rata kelas yang dicapai oleh kelas ini sebesar 44,7 dan prosentase siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimun (KKM) sebesar 15,8%. Penyebab utama hasil belajar yang rendah ini adalah siswa kurang termotivasi mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada sub pokok bahasan pemantulan dan pembiasan dipilih untuk menyelesaikan permasalahan. Indikator keberhasilan ditetapkan meliputi keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) ≥ 80 %; rata-rata kelas ≥ 76; prosentase ketuntasan siswa ≥ 75% dan prosentase siswa termotivasi ≥ 80%. Untuk mencapai indikator keberhasilan PTK perlu dilaksanakan dalam dua siklus. Pada akhir siklus I diperoleh prosentase keterlaksanan RPP 70,4 %, prosentase siswa termotivasi adalah 63,1%, nilai rata-rata kelas 50,6 dengan prosentase ketuntasan siswa 26,3%. Pada akhir siklus II, prosentase keterlaksanan RPP 88,9 %, prosentase siswa termotivasi adalah 89,5%, nilai rata-rata kelas 81,1 dengan prosentase ketuntasan 84,2%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing di kelas VIII-A SMPK St. Vincentius Surabaya berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, inkuiri terbimbing, pemantulan dan pembiasan
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 3310 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2016 01:46
Last Modified: 19 Aug 2016 01:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/8021

Actions (login required)

View Item View Item