Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap agresivitas pajak perusahaan yang terdaftar di BEI

Thesen, Wijayanto (2016) Pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap agresivitas pajak perusahaan yang terdaftar di BEI. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abastrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5.pdf

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Corporate social responsibility (CSR) merupakan kontribusi perusahaan terhadap jalannya pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan lingkungan sekitar. Tanggung jawab sosial perusahaan bukan suatu kegiatan yang sukarela, namun kegiatan yang wajib dilakukan oleh perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR sebagai variabel independen terhadap agresivitas pajak sebagai variabel dependen. Pengungkapan CSR diukur dengan tujuh indikator yaitu lingkungan, energi, kesehatan dan tenaga kerja, lain-lain tenaga kerja, produk, keterlibatan masyarakat dan umum. Sedangkan ETR digunakan untuk mengukur agresivitas pajak. Hubungan antara ETR dan agresivitas pajak adalah negatif. Penelitian ini juga menggunakan tiga variabel kontrol yaitu leverage, capital intensity dan ukuran perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2012-2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive samplingdengan total sampel sebanyak 101 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh negatif terhadap agresivitas pajak. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat pengungkapan CSR yang dilakukan perusahaan maka semakin rendah tingkat agresivitas pajak.Untuk variabel kontrol, leverage berpengaruh signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan capital intensity dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty Of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Agresivitas Pajak, Leverage, Capital Intensity, Ukuran Perusahaan
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3467 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:27
Last Modified: 25 Aug 2016 02:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item View Item