Implementasi strategi "relationship quality" pada perusahaan jasa asuransi dalam upaya membangun loyalitas pelanggan

Nurhayanti, Diana (2006) Implementasi strategi "relationship quality" pada perusahaan jasa asuransi dalam upaya membangun loyalitas pelanggan. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Bab 4]
Preview
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas hubungan merupakan aspek penting dalam memelihara dan mengevaluasi hubungan antara pembeli dan penjual. Kualitas hubungan berkaitan dengan masalah konflik, kepercayaan (trust), komitmen, dan kesinambungan hubungan di masa datang. Kualitas hubungan yang baik akan menurunkan level konflik dan sebaliknya memperbesar kepercayaan, komitmen, berlanjutnya hubungan jangka panjang dan kelanjutan investasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas hubungan antara lain reputasi perusahaan, besar kecilnya perusahaan, saling menyenangi, baik antara pelanggan dengan perusahaan maupun antara pelanggan dengan pegawai perusahaan. Implementasi kualitas hubungan dalam perusahaan jasa asuransi dapat dilakukan dengan menjalin hubungan dengan pelanggan, menganggap pelanggan sebagai mitra, lebih proaktif, dan berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Loyalitas adalah kondisi dimana pelanggan mempunyai sikap positif terhadap sebuah produk, mempunyai komitmen produk tersebut, dan bermaksud meneruskan pembeliannya dimasa mendatang. Langkah-Iangkah strategi yang perlu dilakukan pemsahaan untuk dapat menerapkan kualitas hubungan adalah mengidentifikasi pelanggan, mengelompokkan pelanggan, interaksi dengan pelanggan, dan menyesuaikan perilaku perusahaan. Tujuan dari strategi relationship quality adalah memberikan nilai tambah bagi perusahaan yang menerapkannya. Relationship quality sebagai pendekatan yang tepat dan upaya yang optimal dalam menjamin hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan membangun loyalitas dengan pelanggan, sebingga pengimplementasiannya perlu strategi yang terarah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Subjects: Business > Management
Divisions: Faculty of Business > Management Undergraduate Study Program
Depositing User: Aurelia Riana Ika Susanti
Date Deposited: 06 Jan 2015 06:27
Last Modified: 06 Jan 2015 06:27
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item