Makna kemerdekaan dalam iklan (Analisis semiotika mengenai makna kemerdekaan dalam iklan Gudang Garam edisi Agustus 2014)

Merdekawati, Eva (2016) Makna kemerdekaan dalam iklan (Analisis semiotika mengenai makna kemerdekaan dalam iklan Gudang Garam edisi Agustus 2014). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (977kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (849kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (172kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Iklan Gudang Garam edisi Agustus 2014 merupakan sebuah iklan televisi bertema kemerdekaan. Dalam iklan ini, ditunjukan perbedaan antara kehidupan bangsa tahun 1945 dengan era modern pada tahun 2014. Pada tahun 1945 digambarkan tentang sebuah negara yang berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945, sedangkan pada tahun 2014 kehidupan bangsa digambarkan dalam berbagai aspek antara lain dalam seni instalasi, matematika, pesawat terbang, tumpeng, orangutan, kekerasan terhadap perempuan, pemilu dan keberagaman. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mendeskripsikan bagaimana makna kemerdekaan oleh media. Metode yang digunakan adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitiannya adalah makna kemerdekaan yang ditampilkan melalui visualisasi iklan yaitu bahwa makna kemerdekaan tidak lagi sebagai sesuatu yang kuno maupun berbicara mengenai kebebasan semata. Tetapi lebih dari itu, makna kemerdekaan berbicara tentang aktualisasi bangsa Indonesia dalam berbagai bidang yang ada yaitu bidang seni dan budaya, sosial politik, ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Cummunication Science" not defined]
Uncontrolled Keywords: Semiotika, makna kemerdekaan, media massa, iklan televisi, Gudang Garam
Subjects: Communication Science
Divisions: Faculty of Communication Science > Communication Science Study Program
Depositing User: Users 3549 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2016 03:31
Last Modified: 26 Sep 2016 03:31
URI: http://repository.wima.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

View Item View Item