Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah siswa Sekolah Dasar St Mary Nasional Plus Surabaya

Priyono, Wahyu (2009) Pengaruh metode wayang kulit terhadap motivasi belajar bahasa daerah siswa Sekolah Dasar St Mary Nasional Plus Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (958kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (449kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (843kB) | Preview

Abstract

Menyikapi perkembangan zaman saat ini, eksistensi Bahasa Daerah perlu mendapat perhatian khusus terutama dalam bidang pendidikan. Salah satu permasalahan menyikapi eksistensi Bahasa Daerah adalah terkait dengan rendahnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Daerah terutama Bahasa Jawa pada siswa usia Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini, peneliti menawarkan alternatif solusi berupa metode pengajaran memanfaatkan alat peraga yakni wayang kulit. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa Sekolah Dasar St Mary Nasional Plus Surabaya kelas 3 berjumlah (N=11) untuk kelompok eksperimen, dan kelompok kontrol (N=15). Teknik yang digunakan dalam pemilihan kelompok adalah nonprobability sampling. Penentuan teknik penelitian ini dikarenakan manipulasi pada kelas yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah. Sementara itu, untuk menentukan pembagian kelompok, peneliti terlebih dulu menunggu hasil dari penyebaran angket pretest. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t-test sample independent sebesar 0,044 (p<0,05), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Jadi kesimpulannya terdapat pengaruh pemberian metode wayang kulit terhadap motivasi belajar Bahasa Daerah siswa Sekolah Dasar Nasional Plus St Mary Surabaya. Sementara itu sumbangan efektif variabel penelitian menunjukkan nilai sebesar 16 %, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa sebanyak 16 % variabel penelitian metode wayang kulit memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar Bahasa Daerah siswa kelas 3 SD Nasional Plus St Mary Surabaya. Adapun saran dalam penelitian ini adalah agar sekolah dan guru kelas dapat menggunakan metode wayang kulit sebagai salah satu alternatif untuk menumbuhkan motivasi belajar Bahasa Daerah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psycology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, metode wayang
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 33 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2015 03:59
Last Modified: 04 Feb 2015 06:41
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/918

Actions (login required)

View Item View Item