Self regulated learning dan prestasi belajar matematika siswa SMALB/B X Surabaya

Feliarosa, Dorothea Diana (2016) Self regulated learning dan prestasi belajar matematika siswa SMALB/B X Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstraksi.pdf

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy

Abstract

Prestasi belajar matematika adalah pencapaian yang dapat diamati (actual ability) yang berkaitan dengan kemampuan dari proses belajar-mengajar matematika. Salah satu faktor dari dalam diri siswa yang mempengaruhi prestasi belajar matematika adalah self regulated learning (SRL). SRL adalah merupakan proses peserta didik untuk mengaktifkan dan memfokuskan pikiran, perasan, tindakan serta melakukan perencanaan agar siswa dapat mencapai tujuan belajar yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara SRL dengan prestasi belajar matematika pada siswa tunarungu di SMALB/B X Surabaya. Subjek penelitian ini (N=37) adalah seluruh siswa tunarungu di SMALB/B X Surabaya dengan menggunakan teknik total population study. Data untuk variabel prestasi belajar matematika menggunakan nilai rata-rata nilai ulangan harian 1, ulangan harian 2 dan nilai UTS. Variabel SRL diukur dengan menggunakan self regulated learning scale. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan nilai rxy=0,585 dan nilai p sebesar 0,000 (p<0.05) yang berarti semakin tinggi SRL yang dimiliki siswa maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa. Saran bagi sekolah adalah mempertimbangkan untuk perancangan program SRL pada siswa tunarungu di SMALB/B X Surabaya agar dapat lebih meningkatkan prestasi belajar siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Prestasi Belajar Matematika, Siswa Tunarungu
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 3696 not found.
Date Deposited: 09 Jan 2017 02:25
Last Modified: 09 Jan 2017 02:25
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9220

Actions (login required)

View Item View Item