Cyberloafing dan self regulated learning pada mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2013-2015

Dewi, Mei Shinta (2016) Cyberloafing dan self regulated learning pada mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2013-2015. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Cyberloafing merupakan tindakan mahasiswa yang secara sengaja mengakses internet untuk kegunaan yang tidak ada kaitannya dengan tugas utamanya dan pada saat jam perkuliahan dengan menggunakan fasilitas teknologi internet yang disediakan maupun perangkat pribadi. Salah satu faktor penting penentu terjadinya cyberloafing adalah self regulated learning. Self regulated learning adalah proses saat individu secara aktif mengatur pikiran, motivasi, perilaku dan emosi, meregulasi perilaku dan membatasi distraksi dalam lingkungan belajarnya, sehingga memperoleh pengalaman belajar yang sukses. Self regulated learning dianggap sebagai prediktor penting bagi motivasi akademik dan prestasi mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan melihat ada/tidaknya hubungan antara cyberloafing dan self regulated learning pada mahasiswa. Partisipan dalam penelitian ini (N=708) adalah mahasiswa aktif Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2013-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode disproportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur skala cyberloafing dan self regulated learning. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik korelasi non parametric Kendall’s Tau_b. Hasil analisis menunjukkan nilai p sebesar 0,001 (p<0,05) yang berarti ada hubungan antara cyberloafing dan self regulated learning pada mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya angkatan 2013-2015. Secara deskriptif, mahasiswa memiliki self regulated learning yang tinggi (63%), dan cybeloafing yang sedang (50%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Psychology" not defined]
Uncontrolled Keywords: Cyberloafing, self regulated learning, mahasiswa
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Users 3782 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2017 04:00
Last Modified: 23 Jan 2017 04:00
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9494

Actions (login required)

View Item View Item