Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya

Dhari, Rosana Martina (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pokok bahasan usaha dan energi untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran kurang dan hasil belajar fisika kelas XI IPA rendah. Hal ini dilihat dari hasil ulangan fisika terakhir, nilai rata-rata kelas adalah 59,03 dan hanya 3,45% siswa yang mencapai ketuntasan dari 29 siswa kelas XI IPA. Selain itu, sebagian besar siswa belum terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap-tahap penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Santa Maria Surabaya dengan jumlah 29 orang, yang terdiri dari 15 perempuan dan 14 laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterlibatan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I prosentase keterlibatan siswa adalah 83%. Rata-rata nilai kelas adalah 76 dengan prosentase ketuntasan siswa adalah 41,38%. Pada siklus II prosentase keterlibatan siswa adalah 86%. Rata-rata nilai kelas adalah 87,10 dengan prosentase ketuntasan siswa adalah 79,31%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined]
Uncontrolled Keywords: Penelitian Tindakan Kelas, model pembelajaran STAD, peningkatan keterlibatan dan hasil belajar
Subjects: Physic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program
Depositing User: Users 3810 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:44
Last Modified: 31 Jan 2017 01:44
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item View Item