Sareng, Hermina E.E (2017) Pembuatan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP Santo Yosef Surabaya pada pokok bahasan Usaha dan Energi. Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.
Preview |
Text (ABSTRAK)
abstrak pdf.pdf Download (1MB) | Preview |
Text (BAB 1)
BAB I_A5.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
BAB II_A5.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III_A5.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV_A5.pdf Restricted to Registered users only Download (477kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (BAB 5)
BAB V_A5.pdf Download (164kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Uji coba perangkat pembelajaran ini dilakukan di Kelas VIII A SMP Santo Yosef Surabaya, dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan meliputi: validitas berkategori baik dan layak digunakan. Hasil validasi memberikan skor 3,23 untuk RPP, 3,15 untuk Buku Siswa, dan 3,08 untuk LKS. Sedangkan Hasil implementasi pembelajaran meliputi: keterlaksanaan RPP selama dua kali pertemuan berkategori sangat baik, aktivitas siswa menunjukkan 53 % siswa berkategori aktif, dan siswa merespon positif seluruh komponen pembelajaran. Juga diperoleh Hasil belajar akhir sebesar 81,3. Hasil belajar ini meningkat signifikan dari nilai awalnya yaitu sebesar 33. Adapun respon siswa terhadap implementasi TPS 18,3 % dan skor gain rata-rata sebesar 0,70 berkategori tinggi. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Department: | ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Teacher Training and Education" not defined] |
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, keaktifan siswa, hasil belajar, model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) |
Subjects: | Physic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education Study Program |
Depositing User: | Users 3882 not found. |
Date Deposited: | 01 Feb 2017 01:39 |
Last Modified: | 01 Feb 2017 01:39 |
URI: | http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9799 |
Actions (login required)
View Item |