Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pengadaan bahan bangunan pada perusahaan jasa interior (studi kasus pada CV RD)

Veronica, . (2017) Analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi pengadaan bahan bangunan pada perusahaan jasa interior (studi kasus pada CV RD). Undergraduate thesis, Widya Mandala Catholic University Surabaya.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)

Abstract

Pembelian merupakan kegiatan penting yang dilakukan oleh perusahaan dan jika tidak dilakukan maka perusahaan tidak dapat berjalan. Prosedur pembelian yang dilakukan oleh tiap perusahaan berbeda-beda tergantung dari bidang usaha yang dijalankannya. Pembelian yang dimiliki oleh perusahaan jasa interior berbeda dengan industri lain. Hal ini dikarenakan bahan yang dibeli akan langsung digunakan, sehingga tidak ada penyimpanan bahan bangunan. CV. Rekamatra Dinamika (CV RD) adalah perusahaan jasa interior di Surabaya. Prosedur pengadaan bahan bangunan pada CV RD memiliki beberapa kelemahan, yaitu menerima pengiriman lebih dari satu kali yang disebabkan oleh kurangnya koordinasi dari bagian Admin. Pengiriman bahan bangunan juga dapat dilakukan di dua tempat yaitu dikirim langsung ke lokasi proyek atau dikirim ke gudang perusahaan. Pemesanan dilakukan melalui telepon tanpa memberikan dokumen PO kepada supplier. Hal ini dapat menimbulkan kesalahan yang tidak dapat terdeteksi. Selain itu CV RD tidak melakukan analisis kinerja yaitu membandingkan anggaran dengan realisasinya. Oleh karena permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah rancangan sistem yang mampu mengatasi kelemahan prosedur pengadaan CV RD. Perancangan sistem ini dapat membantu koordinasi antar Admin sehingga tidak terjadi penerimaan bahan lebih dari satu kali. Selain itu, CV RD juga dapat melakukan analisis kinerja yaitu membandingkan anggaran dengan realisasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Department: ["eprint_fieldopt_department_Faculty of Business" not defined]
Uncontrolled Keywords: Perancangan sistem, Pembelian, Perusahaan Jasa Interior
Subjects: Business > Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting Undergraduate Study Program
Depositing User: Users 3948 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2017 03:46
Last Modified: 08 Feb 2017 03:46
URI: http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/9863

Actions (login required)

View Item View Item